Revitalisasi Kampoeng Ilmu Sebagai Obyek Wisata Edukasi Modern Dengan Pendekatan Kearifan Lokal Surabaya

Julia Wanti Kusuma Putri, Siti Azizah, Ika Ratniarsih

Abstract


Adanya branding wisata edukasi modern Kampoeng Ilmu pada Langkah Revitalisasi Kampoeng Ilmu sebagai obyek wisata edukasi yang memiliki nilai-nilai lokalitas Kota Surabaya, diharap dapat menjadi tombak pengusungan perkembangan kegiatan-kegiatan baru berbasis penggalian llmu yang berasal dari berbagai sumber dengan penyesuaian zaman, realisasinya yaitu dengan merancang Working space yang menyuguhkan beberapa fasilitas IT (computer), Ruang-ruang Aktif, Mini Bioskop , pengadaan Ruang diskusi untuk mewadahi kegiatan suatu komunitas.Dimana Konsep Dalam Perancangan ini juga melihat beberapa aspek atau perspektif tersendiri dari kearifan lokal yang  merupakan unsur bagian dari tradisi-budaya masyarakat suatu bangsa, yang muncul menjadi bagian-bagian yang diterapkan pada tatanan fisik bangunan. Dalam hal ini pendekatan Kearifan lokal yang digunakan adalah gaya Jengki yang marak digunakan dalam Arsitektur Rumah-rmah di Indonesia pada saat masa revolusi kemerdekaan Indonesia nuansa-nuansa ini kontekstual dengan posisi site yang berada di jalan semarang Surabaya ,dimana kota Surabaya sendiri dikenal sebagai kota Pahlawan. Maka untuk menentukan desain bentuk yang buat nanti menmerlukan analoggi simbolik yang kuat antara perpaduan konteks adukasi dan lokalitas jawa timur Hal ini yang diharapkan dapat menunjang eksistensi tampilan Kampoeng Ilmu sebagai obyek wisata edukasi yang menarik

Keywords


Kampoeng Ilmu; Kearifan Lokal; Revitalisasi; Wisata Edukasi

Full Text:

PDF

References


A. Sudikno, “Kearifan Lokal dalam Arsitektur Perkotaan dan Lingkungan Binaan Kearifan Lokal dalam Arsitektur Perkotaan dan Lingkungan Binaan,” no. January, 2018.

G. Susilo, “Arsitektur Jengki: Bergeometri Yang Kreatif,” Spectra, vol. vii, no. 13, pp. 15–23, 2009.

M. B. Nugroho, “Journal of Chemical Information and Modeling,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

Rahmanu Widayat, “Spirit Dari Rumah Gaya Jengki Ulasan Tentang Bentuk Estetika Dan Makna,” Dimens. Inter., vol. 4, no. 2, pp. 80–89, 2006, [Online]. Available: http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/int/article/view/16698.

“Revitalisasi, Sebuah Pendekatan Dalam Peremajaan Kawasan,” Journal of Regional and City Planning, vol. 19, no. 3. pp. 57–73, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.