Analisis Pengaruh Purchase Intention dan Keputusan Pembelian Produk Laptop Recovery dengan Metode Structural Equation Modeling

Inas Dwi Krisnawati, Evi Yuliawati

Abstract

Beberapa dekade terakhir konsumsi konsumen terhadap produk elektronik konsumsi cenderung terus meningkat, khususnya dalam penggunaan produk elektronik konsumsi. Produk elektronik konsumsi seperti laptop, kulkas, TV, HP, dan sebagainya. Berdampak pada meningkatnya limbah elektronik (e-waste) di seluruh dunia, tidak saja hanya di negara berkembang. Sampah elektronik ini muncul karena telah habisnya masa penggunaan produk atau berakhirnya siklus hidup produk. Suatu tempat jual beli produk elektronik bekas yang dapat menampung limbah elektronik, salah satunya yaitu produk laptop. Dengan berbagai merek dapat dikelola atau diperbaiki kembali menjadi produk laptop recovery memiliki nilai jual kembali. Tujuan dalam penelitian ini adalah menentukan pengaruh ekuitas merek, persepsi harga, kesadaran lingkungan terhadap keputusan pembelian laptop recovery melalui purchase intention. Analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan melibatkan 111 responden yang diperoleh dari metode purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa ekuitas merek dan persepsi harga berpengaruh negatif dan kesadaran lingkungan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada produk laptop recovery melalui purchase intention. Variabel kesadaran lingkungan merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk laptop recovery melalui purchase intention.

Keywords

Keputusan, Pembelian, Purchase, Intention, SEM

Full Text:

PDF

References

E. Yuliawati, “Penilaian Keberhasilan Implementasi Reverse Logistics System Pada Perusahaan Cartridge PT. XYZ,” no. 100, pp. 331–338, 2020.

N. Nasr, B. Hilton, and R. German, “Advances in Sustainable Manufacturing,” Adv. Sustain. Manuf., pp. 189–190, 2011.

V. D. R. Guide and L. N. Van Wassenhove, “The evolution of closed-loop supply chain research,” Oper. Res., vol. 57, no. 1, pp. 10–18, 2009.

G. S. San, I. N. Pujawan, and Suparno, “Closed-loop supply chain with remanufacturing: A literature review,” Int. Conf. IML 2012, 2012.

J. Sarwono, “Pengertian Dasar Structural Equation Modeling ( Sem ),” J. Ilm. Manaj. Bisnis, vol. 10, no. 3, pp. 173–182, 2010.

Marini, “KAJIAN PENGGUNAAN SOFTWARE AMOS / LISREL BERDASARKAN PENDEKATAN TAM Studi Kasus Penggunaan Software pada Pemodelan Persamaan Struktural ( SEM ) di Perguruan Tinggi,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf., vol. 2012, no. Snati, pp. 15–16, 2012.

J. B. Schreiber, F. K. Stage, J. King, A. Nora, and E. A. Barlow, “Reporting structural equation modeling and confirmatory factor analysis results: A review,” J. Educ. Res., vol. 99, no. 6, pp. 323–337, 2006.

B. Nur Cahyaningrum and A. Wahyu Wijayanti, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEDIAAN BERBELANJA SECARA ONLINE PADA GURU SEKOLAH DASAR (SD) KABUPATEN BANTUL,” IEEE Int. Conf. Acoust. Speech, Signal Process. 2017, vol. 41, no. 2, pp. 84–93, 2017.

M. N. Rayung, M. H. Musa, and M. Tanra, “Analisis Faktor Pengesahan Instrumen Kemenjadian Pelajar Abstrak Confirmatory Factory Analysis of Student Outcome Instrument Abstract Pengenalan Tinjauan Literatur,” vol. 4, no. 6, pp. 1–10, 2019.

T. Kurniawati, B. Irawan, and A. Prasodjo, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Pizza Hut Cabang Jember,” e-Journal Ekon. Bisnis dan Akunt., vol. 6, no. 2, p. 147, 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.