Analisis Motivasi Kerja Terhadap Turnover Intention Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Karyawan (Studi Kasus : PT. Berkah Adi Maulana-Kediri)

Alifia Ramadhani, Yoniv Erdhianto, Suparto Suparto

Abstract


PT. Berkah Adi Maulana-Kediri merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan industri berbahan dasar tepung yang dijadikan roti dengan permasalahan yang terjadi adalah pengelolaan sumber daya manusia yang kurang dari segi motivasi kerja, kepuasan kerja yang berdampak terhadap turnover intention. Sering terjadinya ketidaksesuaian kebijakan yang dikeluarkan oleh perusahaan menjadi pemicu permasalahan tersebut. Hal ini dikarenakan perusahaan kurang memperhatikan yang menjadi keinginan dari karyawan. Dari permasalahan tersebut tujuan dari penelitian ini adalah guna mengetahui pengaruh dari variabel motivasi kerja terhadap turnover intention melalui kepuasan kerja sebagai variabel mediasi dan menemukan usulan rekomendasi perbaikan bagi perusahaan untuk menurunkan tingkat permasalahan yang ada diperusahaan. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Teknik pengambilan sampel data menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel sama dengan jumlah populasi yaitu 59 orang. Hasil dari penelitian didapatkan adanya hubungan yang signifikan motivasi kerja terhadap turnover intention melalui kepuasan kerja. Serta beberapa rekomendasi untuk menurunkan turnover intention seperti peningkatan pemahaman terhadap pekerjaan, pemberian apresiasi terhadap karyawan, peningkatan kenyamanan dilingkungan kerja, perbaikan sistem kerja, peningkatan jaminan sosial dan memberikan hiburan

Keywords


Motivasi; kepuasan kerja; turnover intention; Partial Least Square

Full Text:

PDF

References


R. Pawesti and R. Wikansari, “Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Intensi Turnover Karyawan Di Indonesia,” J. Ecopsy, vol. 3, 2016.

A. Sajjad, H. Ghazanfar, and D. m Ramzan, “Impact Motivation Employeen Turnover.,” J. Bus. Stud. Q., vol. 5, pp. 76–92, 2013.

J. Winardi, Motivasi dan Pemotivasian. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

J. M. George and G. Jones, Understanding and managing organizational Behavior. New Jersey: Upper Saddle River, 2005.

G. Prakasa, “Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi,” Universitas Lampung, 2017.

E. Sutrisno, “Manajemen Sumber Daya Manusia,” Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2016.

Kartono, Personality, Employee Engagement, Emotional Intelligence, Job Burnout sebuah Pendekatan Dalam Melihat Turnover intention. Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2017.

C. Dharma, “Hubungan Antara Turnover Intention Dengan Komitmen Organisasional di PT. X Medan,” J. Ekon. dan Bisnis Jur. Adm. Niaga Politek. Negeri Medan, vol. 1, pp. 1–9, 2013.

L. Witasari, “Analisis Pengaruh Keepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intention (Studi Empiris pada Navotel Semarang),” J. Bisnis Strateg., vol. 18, pp. 90–113, 2009.

Harnoto, “Manajemen Sumber Daya Manusia,” 2nd ed., Jakarta: PT. Prehalindo, 2002.

J. dan W. Abdillah, Konsep dan Aplikasi PLS untuk Penelitian Empiris. Yogyakarta: Fakultas Bisnis UGM, 2009.

I. Ghozali, Structural Equation Modelling: Metode Alternatif Dengan Partial Least Squares (PLS). Semarang: Universitas Diponegoro Semarang, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.