Pengukuran Produktivitas di PT. XYZ dengan Metode APC (AMERICAN PRODUCTIVITY CENTER) dan MARVIN E. MUNDEL

Aris Muhartono, Gatot Basuki HM, Suparto Suparto

Abstract


Pada era teknologi saat ini sangat pesat sehingga perusahaan harus memiliki kemampuan bersaing antar dunia industri dan perusahaan harus bisa mengembangkan dan merencanakan strategi guna memperbaiki kinerja. PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri pakan ternak. Permasalahan yang terjadi yakni jumlah target produksi tidak memenuhi, kurangnya pengawasan terhadap sumberdaya yang dimiliki, dan perusahaan tersebut belumpernah menghitung produktivitas secara berkelanjutan. Sehingga harus dilakukan pengukuran produktivitas pada perusahaan dengan upaya dapat mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan produktivitas. Penelituan ini bertujuan untuk mendapatkan perhitungan yang spesifik, mengetahui tingkat produkivitas, serta pemanfaatan sumberdaya yang dimiliki. Perhitungan indeks produktivitas menggunakan metode American Productivity Center (APC) dan Marvin E Mundel. Hasil perhitungan produktivitas menggunakan metode APC didapatkan rata-rata indeks produktivitas total sebesar 95,78% sedangkan menggunakan metode Marvin E Mundel didapatkan rata-rata indeks produktivitas total sebesar 103,92%.

Keywords


American Productivity Center (APC); Indeks Produktivitas; Marvin E Mundel

Full Text:

PDF

References


Hidayat, S. (2018).Analisa Pengukuran Produktivitas Dengan Menggunakan Metode Marvin E. Mundel Dan APC Di Pt. Jindal Stainless Indonesia. Surabaya.

A. A. Mahmudi and Suparto, "Analisis Dan Evaluasi Produktivitas Di Pt. Sawit Mas Parenggean Dengan Pendekatan Metode Marvin E. Mundel Dan Apc (American Productivity Center )". Surabaya, 2019.

I. Kusumanto and S. H. Hermanto, “Analisis Produktivitas Pt . Perkebunan Nusantara V ( Pks ) Sei Galuh Dengan Menggunakan Metode American Productivity Center ( Apc ),” vol. 2, no. 2, pp. 128–137, 2016.

Suprobo, Proyo, and Et.al, “Pengukuran Produktivitas Kinerja UKM Sandang Kulit Berdasarkan Aspek Produksi Dan Pemasaran,” Eco-teknologi, vol. 1, no. 1, pp. 7–11, 2013.

P. Fithri and R. Y. Sari, “Analisa Pengukuran Produktivitas,” vol. 14, no. 1, pp. 138–155, 2015.

S. R. Prastyo and Lukmandono, "Analisis Produktivitas Berdasarkan Pendekatan Metode American Productivity Center (APC) Dan Marvin E. Mundel Di Cv. Nipson Industrial Coating". Surabaya, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.