Analisa Working Space Excavator Dan Off Highway Dump Truck Berdasarkan Spesifikasi Unit Dengan Menghitung Luas Aktual Kerja Excavator Sebagai Acuan Desain Pit Weekly Di Area Sm – A3 Pt. Sims Jaya Kaltim Site Pt. Kideco Jaya Agungkalimantan Timur

Fairus Atika Redanto Putri, Edward Kriswandy

Abstract


PT. Sims Jaya Kaltim merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang bisnis mining contactor, distrik PT. Kideco Jaya Agung dengan pengerjaan waste removel. Dalam operasi penambangannya, PT. Sims Jaya Kaltim menerapkan system tambang terbuka dengan metode open pit mining. Di salah satu  lokasi penambangannya, yaitu pit SM-A3 dioperasikan 2 fleet alat gali muat backhoe Hitachi 2600 dan Hitachi 2500 dengan bucket capacity masing-masing 17 m? dan 15 m?, dan alat angkut jenis Off highway dump truck Cat 777 E dan Cat 777 D. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui working space excavator dan off highway dump truck yang bekerja, dimana penelitian tesebut  menggunakan metode kuantitatif. Hasilnya akan diperoleh luasan area kerja excavator dengan waktu kerja tertentu, yang akan menjadi acuan dalam mendesain pit penambangan untuk waktu pengerjaan yang telah dijadwalkan. Berdasarkan hasil penelitian, maka desain pit pada luas rata-rata area kerja  excavator per weekly adalah sebagai berikut. Excavator Hitachi 2500 sebesar 1, 47 Ha dan Hitachi 2600 sebesar 1, 65 Ha.

Keywords


Waste removal; Working Space; Desain Pit

Full Text:

PDF

References


Prodjosumarto, P. (1993). Mine supevisior course: Pemindahan tanah mekanis.

Ramadhani, A., Hasyim, M. H., & Harimurti. (2017). Optimalisasi Penggunaan Alat Berat Pekerjaan Galian Tanah di Proyek Tol Nganjuk-Kertosono.

Tambang, J. B., Siregar, A. A., Pertambangan, T., Teknik, F., & Negeri, U. (n.d.). Studi Analisis Dan Simulasi Peningkatan Produktivitas Excavator Hitachi Ex1900-6 Dalam Pengupasan Overburden Pada Tambang Batubara. 3(4), 1342–1356.

Putri, N. A., & Gusman, M. (2018). Optimalisasi Produksi Shovel Komatsu 3000E-6 dengan Metode Overall Equipment Effectiveness ( OEE ) Pada Pengupasan Lapisan Overburden di Pit 2 Tambang Banko Barat PT . Bukit Asam ( Persero ) Tbk. Jurnal Bina Tambang, 3(3), 1300–1309.

Adit, R., & Ms, M. (2018). Kajian Teknis dan Ekonomis Penimbunan Sump MT4 Sebagai Upaya Optimasi Biaya Penambangan TAL Barat 2018 di PT . Bukit Asam Tbk Unit Pertambangan Tanjung Enim Sumatera Selatan. 4(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.