Implementasi Motor Servo dan IR Remot Control Pada Tripod Sebagai Penggerak Arah Vertikal dan Horisontal Action Camera

S. Nurmuslimah, Tulus Wibisono

Abstract


Permasalahan terkait aktifitas berfoto selfie secara berkelompok mempengaruhi kesenangan dalam berfoto. permasalahan terkait aktifitas foto selfie  tersebut belum terpecahkan secara maksimal oleh produk tripod otomatis kamera yang sudah ada. Oleh karena itu peneliti berupaya untuk menemukan solusi terkait permasalahan tersebut yakni dengan cara mengimplementasikan motor servo dan IR remot control pada tripod sebagai penggerak arah vertikal dan horisontal action camera. Metodologi yang digunakan peneliti diawali dengan mencari data langsung dan tidak langsung. Data langsung meliputi observasi. Sedangkan data tidak langsung didapatkan dari buku, jurnal, artikel dari peneliti sebelumnya dan Internet. Setelah itu peneliti  melakukan implementasi data-data tersebut dalam mendesain alat. Keluaran dalam penelitian ini adalah desain tripod  berpenggerak motor servo arah vertikal dan horisontal untuk action camera yang memiliki kemudahan dalam pengoperasian. Tripod bermotor servo ini menggunakan sistem kontrol berbasis wireless sehingga diperlukan sebuah sistem komunikasi antara dua buah device dimana terdapat transmitter dan receiver.

Keywords


tripod; motor servo; wireless; Action Camera

Full Text:

PDF

References


Sorokowski, piotr. Et Al. “Selfie posting behaviors are associated with narcissim among men”. Institute of Psycology, University of Moskow. Poland. Article

Efflan, Jourdan. 2013. “Sistem kendali dengan pan-tilt Tripod otomatis untuk aplikasi Fotografi”. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Suryono, 2004, Diktat Kuliah Mikrokontroler ISP MCS-51 Generasi Terbaru In-System

Soraya, Sabrina Ifahdini. Et Al. “Komunikasi data melalui Infrared”. Universitas Airlangga. Surabaya.

Artanto, Dian. 2012. “Interaksi Arduino dan LabVIEW”, Jakarta: Gramedia

Nalwan, P. A., 2003, Panduan Praktis Teknik Antarmuka dan Pemrograman Mikrokontroler AT89C51, Elex Media Komputindo, Jakarta

Wibawa, Y. Dwiprasetya, “Aplikasi Remote Control TV Untuk Pengendalian Kecepatan Motor DC”, Skripsi S-1, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.