Peningkatan Kemampuan Peserta Didik SMA Sederajat Bidang Junior Technical Support Berbasis SKKNI

Andy Rachman, Sulistyowati Sulistyowati, Andi Wijaya

Abstract


Junior Technical Support merupakan salah satu materi uji kompetensi yang terdapat di Badan Nasional  Sertifikasi Profesi. Peserta Didik merupakan sesorang yang mengikuti proses belajar mengajar pada suatu lembaga pendidikan tertentu dalam hal ini adalah Sekolah. Sekolah merupakan tempat peserta didik dalam mempelajari nilai-nilai personal dan sosial. Sekolah digunakan sebagai tempat bagi peserta didik dalam berfikir secara rasional dimana dengan cara berfikir secara rasional ini memberikan nilai bagi peserta didik untuk menjadi lebih cerdas dan lebih berguna bagi masyarakat. Kemampuan peserta didik Sekolah Menengah Atas dalam hal penguasaan teknologi masih rendah dibawah peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan. Kegiatan pelatihan Junior Technical Support dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan bagi peserta didik Sekolah Menengah Atas untuk menjadi seorang teknisi komputer. Pelatihan dilaksanakan di Rumah Inovatif BPSDM Kominfo Surabaya dan dilaksanakan selama tiga hari. Pada pelatihan ini diikuti oleh 19 peserta dari daerah Sidoarjo dan sekitarnya. dimana sebelum pelatihan, peserta didik yang mampu dalam kegiatan pre-test junior technical support hanya sebesar 16% sampai 58% dan setelah mengikuti pelatihan, kemampuan peserta meningkat antara 42% sampai 84%.


Keywords


Sekolah Menengah Atas; Junior Technical Support; Pelatihan; BNSP; SKKNI

Full Text:

PDF

References


J. F. Rusdi, “PERAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PARIWISATA INDONESIA,” J. Account. Inf. Syst., vol. 2, no. 2, pp. 78–118, 2019, doi: https://doi.org/10.32627/aims.v2i2.

A. Rachman, “Teknologi Virtualisasi : Solusi Cerdas Bagi Sekolah Dalam Efisiensi dan Penghematan Pengeluaran,” in Peranan Teknologi Informasi Pada Perbaikan Kehidupan Bangsa, Surabaya: CV. KANAKA MEDIA, 2020, pp. 1–29.

I. A. Huda, “PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR,” J. Pendidik. Dan KONSELING, vol. 1, no. 2, pp. 143–149, 2020.

L. Yulia and W. Setianingsih, “STUDI MANAJEMEN MARKETING BERBASIS ONLINE (PENELITIAN PADA UMKM PRODUKSI MEBEL DI Desa TAMANSARI BABAKAN MUNCANG I KOTA TASIKMALAYA),” J. Maneksi, vol. 9, no. 1, pp. 72–80, Jun. 2020.

Internet World Stat, “Internet Usage in Asia,” Internet Usage in Asia, Jun. 07, 2020. https://www.internetworldstats.com/stats3.htm#asia (accessed Jun. 19, 2020).

Abdullah, “PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN YANG MENGAKTIFKAN SISWA,” Edureligia, vol. 01, no. 01, pp. 45–62, 2017.

Salmia, Rosleny, and Idawati, “Kepemimpinan Kepala Sekolah Menuju Pembelajaran Abad 21,” Indones. J. Prim. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2020.

E. Prayitno, D. Kurniawati, and I. R. Arvianto, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN,” Semin. Nas. CALL Pap. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 01, pp. 401–414, Agustus 2018.

A. Peranginangin, H. Barus, and R. Gulo, “PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DI AJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL,” J. Penelit. Fis., vol. 3, no. 1, pp. 43–50, Feb. 2020.

R. Sofah, “MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN EXPERIENCE LEARNING PADA MATA KULIAH BK SEKOLAH MENENGAH PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNSRI,” J. Konseling Komprehensif, vol. 6, no. 2, pp. 27–31, 2019.

M. Yusuf, “MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN TINGGI,” Indones. J. Islam. Educ. Manag., vol. 2, no. 2, pp. 53–62, Oktober 2020.

S. Handayani and L. Alhakim, “KESESUAIAN INSTRUMEN PERKULIAHAN INTENSIVE READING TERHADAP KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA,” Res. Fair Unisri, vol. 4, no. 1, pp. 59–64, Jan. 2020.

Y. P. Utami and P. S. Dewi, “Model Pembelajaran Interaktif SPLDV dengan Aplikasi Rumah Belajar,” MATHEMA J., vol. 2, no. 1, pp. 24–31, 2020.

I. B. N. Mantra, I. A. M. S. Widiastuti, and A. A. I. Y. Pramawati, “PENINGKATAN KOMPETENSI MENGAJAR SECARA ONLINE BAGI PARA GURU SELAMA PANDEMI VIRUS CORONA,” J. Abdi Dharma Masy., vol. 01, no. 01, pp. 12–20, Apr. 2020.

B. Santosa, “EFEKTIVITAS LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI PIHAK SATU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA,” J. Ilm. Pesantren, vol. 4, no. 2, pp. 575–582, 2018.

indoproj, “Pengertian Lembaga Sertifikasi Profesi,” Agustus 2018. http://sertifikasihumasbnsp.indoproject.co.id/2018/08/16/pengertian-lembaga-sertifikasi-profesi-lsp/ (accessed Jun. 20, 2020).

LSP TIK Indonesia, “Junior Technical Support,” Junior Technical Support, Jun. 2020. https://lsptik.or.id/skema/detail/85-Junior-Technical-Support.html (accessed Jun. 20, 2020).

A. F. Ritonga, S. Wahyu, and F. O. Purnomo, “Implementasi Internet of Things (IoT) untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Jakarta 1,” J. Sains Teknol. Sos. Pendidik. Dan Bhs., vol. 5, no. 1, pp. 1–8, Apr. 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.