Pemetaan Parameter Logam Pada Air Tanah Di Kabupaten Bangkalan

Herce Farida Solossa, Yulfiah Yulfiah

Abstract


Kualitas air tanah yang melampaui batas standar baku mutu, dapat berdampak buruk pada kesehatan manusia. Pemetaan sebaran kualitas air tanah di Kabupaten Bangkalan perlu dilakukan, sebagai bentuk antisipasi dampak buruk dari pemanfaatan air tanah, khususnya untuk sumber air bersih. Air sumur dangkal dengan kedalaman tidak lebih dari 20 m, pada 18 titik pengukuran, dikumpulkan sebagai sampel penelitian. Sampel air tanah diambil pada musim kemarau. Berdasarkan pemetaan sebaran parameter logam ditunjukkan bahwa, air tanah di daerah penelitian masih layak untuk dikonsumsi, khususnya di Kecamatan Geger, Kokop, dan Konang.

Keywords


pemetaan; kualitas air tanah; parameter logam

Full Text:

PDF

References


Anonim, (2015), Microbiology Water Test Kit, http://www.inaproinstrument.com/? Peralatan_Analisa_Air:Microbiology_Water_Test_Kit(diaksespada18februari2017).

Budiyanto, Eko, 2002, Sistem Informasi Geografis Menggunakan Arcview Gis, Andi: Yogyakarta.

Fetter, C.W., 1994. Applied Hydrogeology. Prentice-Hall, Inc., New Jersey.

Hadipurwo., 2006. Konservasi Sebagai Upaya Penyelamatan Airtanah di Indonesia. Direktorat Pembinaan Pengusahaan Panas Bumi dan Pengelolaan Air Tanah, Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral, Bandung.

Soemirat, 2011. Kesehatan Lingkungan. Revisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Peraturan Menteri Kesehatan, Nomor 416/Men.Kes/Per/IX/1990, Tentang Syarat-Syarat dan Pengawasan Kualitas Air.

Peraturan Menteri Kesehatan RI, Nomor 32 Tahun 2017, Tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air Untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua, dan Pemandian Umum. Daya Mineral Republik Indonesia 2019.

Riastika. M., 2011. Pengelolaan Air Tanah Berbasis Konservasi di Recharge Area Boyolali. Jurnal Ilmu Lingkungan, Vol 9 (2), Program Studi Ilmu Lingkungan Program Pasca Sarjana Undip.

Suripin, 2002. Pelestarian Sumber Daya Tanah Dan Air. Andi. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.