Peningkatan SDM Indonesia yang Berdaya Saing melalui Pendidikan di Era Transformasi Digital dan Teknologi yang Berkelanjutan

Julius Nagel

Abstract

Teknologi adalah elemen krusial dalam proses menuju Education 4.0, tenaga pengajar dapat berkolaborasi lebih baik dengan para pelajar melalui personalisasi. Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi modal penting dan utama bagi Indonesia untuk memasuki era ekonomi digital. Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) mulai dari tahun 2019 dan selanjutnya menjadi pengarusutamaan strategi pembangunan bangsa Indonesia ke depan, pilihan strategi tersebut diupayakan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi yang dibutuhkan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Metode dalam penulisan ini menggunakan riset sekunder (secondary research). Intisari yang mau dibahas : Apa tantangan utama yang dihadapi Indonesia? Apa hasil lompatan SDM Indonesia? Prinsip – prinsip dasar apa saja yang harus diberikan dalam rangka melakukan inovasi - inovasi pengajaran? Apa hasil menyiapkan pendidik yang berkualitas? Mengapa pendidikan berbasis teknologi?. Simpulan: Melatih dan membiasakan guru murid berpikir kritis, kreatif, dan inovatif mestinya menjadi agenda dan komitmen harian yang diharapkan menjadi kebiasaan dan budaya sekolah. Saran: “Merdeka Belajar” ibaratnya Mendikbud telah memberikan lapangan luas dan melemparkan bola untuk dimainkan para penyelenggara pendidikan, khususnya guru dan dosen.

Keywords

Peningkatan; Berdaya Saing; Pendidikan; Transformasi Digital; Teknologi yang Berkelanjutan

Full Text:

PDF

References

S. Susila, “Ilalang Pendidikan,” Kompas, p. 6, Nov. 12, 2018.

“Meningkatkan SDM Indonesia Melalui Pendidikan Berbasis Teknologi.” https://biz.kompas.com/read/2019/08/07/190452628/meningkatkan-sdm-indonesia-melalui-pendidikan-berbasis-teknologi (accessed Jun. 18, 2020).

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016.

“Bagi Masa Depan Anak Didik,” Kompas, p. 6, Mar. 27, 2020.

H. CS, “Bagaimana Mengejawantahkan Transformasi Pendidikan Digital di Era Revolusi Industri 4.0? | Radio Idola Semarang,” Jul. 09, 2018. https://www.radioidola.com/2018/bagaimana-mengejawantahkan-transformasi-pendidikan-digital-di-era-revolusi-industri-4-0/ (accessed Jun. 18, 2020).

“Teknologi Masa Depan yang Berkelanjutan untuk Planet Bumi - Kompasiana.com.” https://www.kompasiana.com/tridinews/54f67e07a333117d028b4e79/teknologi-masa-depan-yang-berkelanjutan-untuk-planet-bumi (accessed Jun. 18, 2020).

“Merdeka Belajar Untuk Kebahagiaan,” Kompas, p. 6, Feb. 01, 2020.

Zamroni, Pendidikan dan Demokrasi dalam Transisi. Jakarta: PSAP Muhammadiyah, 2007.

A. Lie, “Kesinambungan Pikir, Rasa, dan Perbuatan dalam Pendidikan,” Kompas, p. 7, Feb. 21, 2020.

J. F. Nagel, “Prosiding SEMATEKSOS 3"Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0",” vol. 5, p. 41,42, 2018.

J. F. Nagel, Capita Selekta Seputar Kewirausahaan. Media Ilmu, 2016.

“Kualitas SDM Modal Utama di Era Ekonomi Digital - Tribunnews.com.” https://www.tribunnews.com/kilas-kementerian/2019/08/21/kualitas-sdm-modal-utama-di-era-ekonomi-digital (accessed Jun. 18, 2020).

K. S. Negara, “Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Menuju Indonesia Unggul | Sekretariat Negara.” https://www.setneg.go.id/baca/index/pembangunan_sumber_daya_manusia_sdm_menuju_indonesia_unggul (accessed Jun. 18, 2020).

“Pentingnya Investasi Sumber Daya Manusia di Era Transformasi Digital - Semua Halaman - Info Komputer.” https://infokomputer.grid.id/read/121627274/pentingnya-investasi sumber-daya-manusia-di-era-transformasi-digital?page=all (accessed Jun. 18, 2020).

A. Musnansyah, “Dari Jurang Pendidikan Digital ke Kemerdekaan Pendidikan Digital,” Kompas, p. 6, Jul. 21, 2018.

D. Wirajaya, “Teknologi ‘Teleport’ Masa Kini,” Kompas, p. 7, Oktober 2019.

M. Abduhzen, “Belajar ‘Merdeka Belajar,’” Kompas, p. 6, Mar. 20, 2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.