Pengaruh Inspeksi K3 Terhadap Kedisiplinan Pekerja Dalam Menggunakan Alat Pelindung Diri Dengan Di moderasi Faktor Usia dan Tingkat Pendidikan

Agung Yoga Prasetia, Feri Harianto

Abstract


Risiko kecelakaan kerja di proyek konstruksi mempunyai kategori yang tinggi. Salah satu penyebabnya adalah faktor kurang disiplin dalam menggunakan alat pelindung diri serta masih minimnya pengetahuan tentang keselamatan kerja. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk kedisiplinan tenaga kerja yaitu dengan Inspeksi K3. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan dan pengaruh inspeksi K3 terhadap kedisiplinan pekerja dalam menggunakan alat pelindung diri. Metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan responden pekerja dan tukang. Ukuran sampel yang digunakan sebagai responden adalah 30. Analisis yang digunakan yaitu regresi sederhana dengan moderasi. Penyebaran kuesioner dilakukan di proyek pembangunan Apartemen Grand Dharmahusada Lagoon Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat korelasi hubungan inspeksi K3 terhadap kedisiplinan yaitu sebesar r = 0.634 di kategorikan hubungan kuat dengan persamaan regresi linear sebelum moderasi besarnya R= 63,4% dan bentuk persamaan yaitu Y = 25.000 +0.472X, sedangkan model persamaan sesudah adanya moderasi pendidikan (Z2) besarnya nilai  R = 66,3 %, dengan persamaan yaitu Y = 22.846 + 0.448X + 0.658 Z1 + 0.781 Z2 + 0.105 ZI.X1 + 0.024 Z2.X2 + e. Menunjukkan peningkatan hubungan dan pengaruh sesudah adanya moderasi pendidikan (Z2) dilihat dari nilai R sebesar 63,4% menjadi 66,3%.

Keywords


Inspeksi K3; kedisiplinan; kecelakaan kerja

Full Text:

PDF

References


Faris, Harianto, 2014: Pengaruh perilaku kerja dan lingkungan kerja yang di moderasi faktor pengalaman kerja dan tingkat pendidikan terhadap kecelakaan kerja konstruksi di surabaya, Seminal Nasional X.

Fatimah, 2017, Penerapan Inspeksi K3 sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja Yang Dilaksanakan Oleh PT Sasmito Surabaya Pada Proyek Pembangunan Learning Center, Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.

Fauzia, Sarini, 2015, Gambaran Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Pekerja Di Departemen Produksi PT Maruki Internasional Indonesia Makassar, Skripsi, Makassar Fakultas Kedokteran Dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Aluddin Makassar.

Feri. H dan Mintoro , 2014. "Risk Analysis Work Accident on The Implementation of Toll Road Project Surabaya- Mojokerto".https://www.ajbasweb.com/old/ajbs/2014/spesial%208/ /65-69.pdf diakses 25 April 2020.

Lestari, Elvi, 2014: Pengaruh Disiplin Terhadap Kinerja Anggota Pada Satlantas PolrestaPekanbaru, Vol 11. No. 2, 353 - 367.

Liawandy, Feru, 2014: Pengaruh Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Teradap Kinerja Kayrawan Bagian Produksi PT Nafal Tiara Abadi Pekan baru, Vol. 1 No.2.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulhiyanatillah, 2017. Faktor – Faktor yang Berhubungan Dengan Kecelakaan Kerja Padakaryawan Bagian Produksi Di PT. PP London Sumatra Indonesia Tbk Palangsiang Crumb Rubber Factory, Skripsi, Makassar :Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Negeri Alaudin Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.