Implementasi Lexicon Based dan Multinomial Naive Bayes pada Analisis Sentimen Produk Skincare di Website Sociolla

Ferdian Rahmansyah, Sriyanto Sriyanto

Abstract


Bumi menghadapi tantangan pemanasan global yang menyebabkan cuaca ekstrem, yang berdampak negatif pada kesehatan kulit seperti kerusakan, penuaan dini, dan risiko kanker kulit. Penggunaan produk perawatan kulit menjadi penting untuk melindungi dan mengatasi masalah kulit selama cuaca ekstrem. Platform e-commerce seperti Sociolla memudahkan pencarian dan pembelian produk skincare. Namun, konsumen perlu berhati-hati dalam memilih produk, mengingat kualitas dan reaksi kulit terhadap produk dapat berbeda-beda. Membaca ulasan produk dari pengguna lain dan menggunakan analisis sentimen dapat membantu konsumen membuat keputusan yang lebih cerdas. Analisis sentimen menggunakan metode lexicon based dan multinomial Naive Bayes untuk mengklasifikasikan ulasan menjadi positif, netral, atau negatif, memungkinkan konsumen menyaring ulasan dengan efisien dan efektif.


Keywords


Multinomial Naive Bayes; Lexicon based; Analisis sentiment; Ulasan produk

References


N. Noorathasia, M. Octavianti, and D. Rahmawan, “Strategi content marketing Sociolla pada situs web Beauty Journal,” Comdent Commun. Student J., vol. 1, no. 1, p. 75, 2023, doi: 10.24198/comdent.v1i1.45773.

T. Astuti and Y. Astuti, “Analisis Sentimen Review Produk Skincare Dengan Naïve Bayes Classifier Berbasis Particle Swarm Optimization (PSO),” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 4, p. 1806, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i4.4119.

E. Y. Hidayat and D. Handayani, “Penerapan 1D-CNN untuk Analisis Sentimen Ulasan Produk Kosmetik Berdasar Female Daily Review,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 3, pp. 153–163, 2023, doi: 10.25077/teknosi.v8i3.2022.153-163.

B. Gunawan, H. S. Pratiwi, and E. E. Pratama, “Sistem Analisis Sentimen pada Ulasan Produk Menggunakan Metode Naive Bayes,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 4, no. 2, p. 113, 2018, doi: 10.26418/jp.v4i2.27526.

N. S. Fathullah, Y. A. Sari, and P. P. Adikara, “Analisis Sentimen Terhadap Rating dan Ulasan Film dengan menggunakan Metode Klasifikasi Naïve Bayes dengan Fitur Lexicon-Based,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 2, pp. 590–593, 2020, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6987




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2025.7353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 ferdian rahmansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.