Perancangan Website Sistem Manajemen “Peduli PMI” sebagai Wadah Pengaduan dan Perlindungan untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia

Farhan Yuswa Biyanto, Viving Frendiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah website Sistem Manajemen Pengaduan & Perlindungan bagi PMI di Malaysia. Metode analisis melibatkan pengumpulan data dari jurnal-jurnal terdahulu tentang masalah yang dihadapi PMI, serta penelitian terdahulu tentang sistem pengaduan layanan publik. Sistem ini memiliki 4 fitur utama. Pertama, proses autentikasi dengan verifikasi captcha Google untuk keamanan pada saat proses login,fitur reset password,dan proses registrasi. Kedua, fitur konten yang memungkinkan admin untuk mengelola informasi seperti berita, pengumuman, dan mitra. Ketiga, fitur pengguna yang memungkinkan admin mengelola data pengguna, perlindungan, dan pengaduan, termasuk konfirmasi status dan detail laporan. Terakhir, fitur Administrator & Management untuk mengelola data admin dan profil, dengan opsi logout untuk keluar dari sistem. Sistem ini dirancang untuk memberikan bantuan efektif bagi pengelola dalam mengelola dan melindungi PMI di Malaysia.


Keywords


Pekerja Migran Indonesia; Website; PHP; Backend; CRUD; My SQL.

Full Text:

PDF

References


L. P. Hasugian, R. Sidik, Y. H. Putra, Y. Y. Kerlooza, dan D. A. Wahab, “Analisis Kebutuhan Sistem Informasi Pemantauan Pekerja Migran Indonesia,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 3, no. 2, hlm. 216–226, 2019.

M. Aswindo, M. Hanita, dan A. J. SIMON, “Kerentanan dan Ketahanan Pekerja Migran Indonesia di Malaysia pada Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Lemhannas RI, vol. 9, no. 1, hlm. 1–10, 2021.

G. D. T. Wahyudi, D. G. S. Mangku, dan N. P. R. Yuliartini, “Perlindungan Hukum Tenaga Kerja Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Hukum Internasional (Studi Kasus Penganiayaan Adelina TKW Asal NTT Di Malaysia),” Jurnal Komunitas Yustisia, vol. 2, no. 1, hlm. 55–65, 2019.

L. Trisnawati dan R. P. Putra, “Perencanaan Sistem Pengaduan Masyarakat Untuk Tindak Kriminal di Polres Kampar Berbasis Web,” Indonesian Journal of Intellectual Publication, vol. 1, no. 3, hlm. 243–252, 2021.

H. Wong dan T. Tukino, “RANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS WEB PADA PT OZ FASTENER,” Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), vol. 5, no. 1, hlm. 125–134, 2021.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2024.5916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Farhan Yuswa Biyanto, Viving Frendiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.