Perancangan Aplikasi Mobile “Bersih Plus” Menggunakan Framework Flutter untuk Nasabah Bank Sampah

Muhammad Dzakiyyudin, Viving Frendiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi nasabah bank sampah di Kampung ProKlim, dengan tujuan memudahkan pemantauan dan pemanfaatan insentif ekonomi yang diberikan oleh bank sampah. Melalui analisis terhadap penelitian terdahulu, pengumpulan data langsung dari bank sampah di Kampung ProKlim, dan wawancara dengan pejabat lingkungan terkait, fitur-fitur yang diperlukan untuk aplikasi tersebut telah diidentifikasi. Proses desain aplikasi melibatkan pembuatan antarmuka pengguna yang ramah pengguna menggunakan FlutterFlow. Halaman login memungkinkan pengguna untuk memasukkan NIK dan password atau mendaftar untuk membuat akun baru, disediakan pula opsi untuk pemulihan password ketika pengguna lupa password. Halaman registrasi memungkinkan pengguna untuk mendaftar dengan menyediakan detail yang diperlukan, dan halaman pemulihan memfasilitasi pengambilan password melalui alamat email yang terhubung. Halaman utama menampilkan kartu virtual dengan NIK pengguna sebagai nomor rekening dan total saldo insentif, serta menu navigasi untuk memanfaatkan insentif yang diberikan, melihat riwayat transaksi, dan melakukan pengaturan akun. Dengan mengintegrasikan fungsi-fungsi ini, aplikasi ini bertujuan untuk mengatasi kebutuhan nasabah bank sampah di Kampung ProKlim, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada kesadaran lingkungan dan kesejahteraan ekonomi di masyarakat.


Keywords


Aplikasi nasabah; bank sampah; insentif ekonomi; Kampung ProKlim; FlutterFlow

Full Text:

PDF

References


I. M. O. D. PUTRA, I. N. G. Sugiartha, dan L. P. Suryani, “Pengelolaan Sampah Plastik Rumah Tangga dalam Rangka Pencegahan Pencemaran Lingkungan (Study di Lingkungan Kelurahan Pedungan Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar),” Jurnal Konstruksi Hukum, vol. 2, no. 1, hlm. 86–91, Mar 2021. doi: 10.22225/jkh.2.1.2974.86-91.

D. Ariefahnoor, N. Hasanah, dan A. Surya “Pengelolaan Sampah Desa Gudang Tengah Melalui Manajemen Bank Sampah,” Jurnal Kacapuri: Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, vol. 3, no. 1, hlm. 14-30, Jun 2020.

L. D. Andriyanto dan T. Wansen, “Rancang Bangun Aplikasi Bank Ssampah Berbasis Android,” IT FOR SOCIETY, vol. 04, no. 02, hlm. 24-29, 2019.

S. Sugiono, “Industri Konten Digital dalam Perspektif Society 5.0 (Digital Content Industry in Society 5.0 Perspective),” Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi, vol. 22, no. 2, hlm. 175–191, Des 2020. doi: 10.33164/iptekkom.22.2.2020.175-191.

J. M. Suhendro, M. Sudarma, dan D. C. Khrisne, “Rancang Bangun Aplikasi Seluler Penyedia Jasa Perawatan dan Kecantikan Menggunakan Framework Flutter,” Jurnal SPEKTRUM, vol. 8, no. 2, hlm. 68-82, Juni 2021.

Hasanuddin, H. Asgar, dan B. Hartono, “Rancang Bangun REST API Aplikasi WeShare Sebagai Upaya Mempermudah Pelayanan Donasi Kemanusiaan,” JINTEKS: Jurnal Informatika Teknologi dan Sains, vol. 4, no. 1, hlm. 8-14, Feb 2022. doi: 10.51401/jinteks.v4i1.1474.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2024.5914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Dzakiyyudin, Viving Frendiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.