Implementasi Metode Multi-Objective Optimization By Rasio Analysis Pada Aplikasi Bursa Kerja

Ruli Utami, Dimas Firman Putra Buana, Anggi Yhurinda Perdana Putri, Suryo Atmojo

Abstract


Rekruitmen tenaga kerja dalam kegiatan bursa kerja merupakan salah satu langkah konkrit pemerintah dalam menekan angka pengangguran, dlama hal ini Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Surabaya meluncurkan aplikasi ASSIK (Arek Suroboyo Siap Kerjo) berbasis website untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Surabaya serta sebagai perantara perusahaan pencari tenaga kerja dan calon tenaga kerja untuk mengakses informasi lowongan pekerjaan. Namun dalam pelaksanaanya pihak Disperinaker Kota Surabaya masih kesuitan dalam merekomendasikan calon tenaga kerja yang paling kompeten sesuai kriteria perusahaan pencari kerja. Sehingga peneliti berinisiatif untuk membuat aplikasi bursa kerja dengan mengimplementasikan metode Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis (MOORA) untuk menda[atkan hasil rekomendasi terbaik. Kriteria pada penelitian ini adalah usia, pengalaman kerja, pendidikan terakhir, kesesuaian jurusan, dan keterampilan/skill. Berdasarkan hasil Analisa dan pengolahan data serta hasil pengujian yang telah dilakukan pada aplikasi . maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dinilai cukup efektif dalam membantu pemangku kepentingan dalam merekomendasikan calon tenaga kerja mana yang layak untuk diterima, dengan hasil pengujian sebesar 90% dari total 40 kali pengujian yang telah dilakukan.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan; MOORA; Bursa Kerja; Rekruitmen Tenaga Kerja

Full Text:

PDF

References


C. Oktaviani, “Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Pencari Kerja Terbaik Di PT. PLN Wilayah Riau Dan Kepulauan Riau Menggunakan Metode Topsis,” 2020.

T. Anggraeni. S and R. M. Simanjorang, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Tenaga Kerja Kontrak Dengan Metode Moora Pada Kantor Kepolisian Daerah Sumatera, Journal Of Informatic Pelita Nusantara, Volume 4 No 2, e-ISSN : 2088-3943,” J. Imformatic Pelita Nusant., vol. 4, no. 2, pp. 27–33, 2019.

Widyowati, W. A., & Utami, R. (2021). Aplikasi rekomendasi Pemilihan Undangan Pernikahan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika (SNESTIK) I, 283-290.

Sriani and R. A. Putri, “Analisa Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Topsis Untuk Sistem Penerimaan Pegawai Pada Sma Al Washliyah Tanjung Morawa,” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 02, no. April, pp. 40–46, 2018.

Atmojo, S., Dewi, S., Widhiyanta, N., & Utami, R. (2021). Sistem Informasi Rekomendasi Pemilihan Sekolah Dasar Dengan Metode Ahp Studi Kasus Surabaya Barat. Jurnal Ilmiah EDUTIC, 7(2), 85-93.

T. Shabrina and B. Sinaga, “Penerapan Metode MOORA pada Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Siswa Penerima Bantuan Miskin,” J. Ilmu Komput. dan Bisnis, vol. XII, no. 2, pp. 161–172, 2021.

Rifqi, M. N., & Iskandar, A. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Wedding Organizer Terbaik Menerapkan Metode MOORA dan Pembobotan ROC. Journal Of Information System Research (JOSH), 5(1), 194-201.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2024.5896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ruli Utami, Dimas Firman Putra Buana, Anggi Yhurinda Perdana Putri, Suryo Atmojo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.