Implementasi Model Prototype pada Sistem Penjualan di Distro Garage Store Berbasis Web

Citra Nurina Prabiantissa, Andy Rachman, Vincentius Depaulo Jani

Abstract


Penggunaan teknologi merupakan suatu metode atau  pilihan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan terkini yang  belum tersistematisasi, seperti  pelaporan keuangan, yang terjadi dalam operasional usaha kecil dan menengah (UKM). Penggunaan sistem penjualan dibutuhkan oleh Distro Garage Store  di Kota Boron, NTT karena pengelolaan transaksi penjualan masih menggunakan proses manual yang dicatat dalam pembukuan dengan Microsoft excel. Hal ini membuat waktu pengelolaan menjadi tidak efisien dan tidak sistematis, serta pembukuan dapat hilang sewaktu-waktu. Pembuatan sistem menggunakan model prototype, dimulai dengan mengumpulkan kebutuhan sistem, melibatkan pengembang sistem dan pengguna, melakukan desain, customer evaluation, development, dan melakukan uji aplikasi. Dari hasil penelitian, sistem diuji dengan menggunakan ISO-9126-3  untuk faktor functionality sebesar 88.8% dan usability sebesar 87.2%. Sistem juga sudah diuji melalui pembagian kuisioner kepada pemilik Distro yang terdiri dari 3 orang karyawan dan 1 admin menggunakan System Usability Scale (SUS) dan mendapatkan nilai 83.5%.


Keywords


Sistem Penjualan; Model Prototype; Skala Likert; ISO 9126-3

References


Darmansah and Raswini, “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Pedagang Menggunakan Metode Prototype pada Pasar Wage,” 2022.

C. Rizal and B. Fachri, “RESOLUSI : Rekayasa Teknik Informatika dan Informasi Implementasi Model Prototyping Dalam Perancangan Sistem Informasi Desa”, [Online]. Available: https://djournals.com/resolusi

G. Karnawan, “IMPLEMENTASI USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA PROTOTYPE APLIKASI CLEANSTIC,” Jurnal Teknoinfo, vol. 15, no. 1, p. 61, Jan. 2021, doi: 10.33365/jti.v15i1.540.

D. Chatrin, E. Manalu, and A. Rachman, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Batik Berbasis Web Mengunakan Model Incremental,” Jurnal Riset Inovasi Bidang Informatika Dan Pendidikan Informatika (KERNEL), vol. 3, no. 1, 2022.

W. Nugraha and M. Syarif, “PENERAPAN METODE PROTOTYPE DALAM PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGHITUNGAN VOLUME DAN COST PENJUALAN MINUMAN BERBASIS WEBSITE,” JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), vol. 3, no. 2, pp. 94–101, Dec. 2018, doi: 10.32767/jusim.v3i2.331.

P. Yoko, R. Adwiya, and W. Nugraha, “Penerapan Metode Prototype dalam Perancangan Aplikasi SIPINJAM Berbasis Website pada Credit Union Canaga Antutn.”

P. Utomo, A. Budiman, and D. N. Amadi, “Optimasi Metode Simple Additive Weighting Menggunakan Skala Likert dalam Aplikasi Pemilihan Peserta Rapat Bersih Dusun,” 2023. [Online]. Available: https://journal-computing.org/index.php/journal-cisa/index

A. Rachman, H. T. Prayoga, and S. Sulistyowati, “Pemanfaatan Model ISO 9126 Dalam Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Sistem Pengolahan E-Surat,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 9, no. 6, p. 2218, Jan. 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i6.5251.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2024.5805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Citra Nurina Prabiantissa, Andy Rachman, Vincentius Depaulo Jani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.