Perhitungan Risk Priority Number Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis pada Modular Production System

Feronica Shera Nevada, Eko Budi Utomo, Zaqiatud Darojah, Eny Kusumawati

Abstract


Sistem otomatisasi kontrol pada Modular Production System of Process Automation (MPS PA) Compact Workstation berperan penting dalam memonitor dan mengendalikan berbagai parameter proses. Salah satu parameter yang kritis adalah water level dan temperature. Untuk mengidentifikasi serta mengurangi risiko kegagalan dalam sistem diperlukan prioritisasi risiko dan pengambilan tindakan korektif melalui perhitungan Risk Priority Number (RPN). Sistem ini diidentifikasi berdasarkan RPN untuk mengetahui tingkat risiko dari potensi kegagalan yang dibagi menjadi tiga kategori yaitu Occurrence (O), Severity (S), dan Detection (D). Nilai yang didapat dari perhitungan kemudian dianalisis menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Metode ini di implementasikan pada MPS PA dari kontrol water level dan temperature yang diintegrasikan melalui monitoring Node-red. Parameter kinerja seperti kecepatan deteksi, tingkat kesalahan, rekomendasi yang diberikan dan akurasi alarm akan dievaluasi untuk mengukur efektivitas metode yang diusulkan. Diharapkan bahwa pengembangan metode pengolahan data water level dan temperature menggunakan metode FMEA yang diintegrasikan dengan Node-red dapat meningkatkan keandalan serta kinerja sistem monitoring water level dan temperature. Hasil dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam memajukan teknologi pengolahan data water level dan temperature melalui simulasi perhitungan nilai RPN menggunakan metode FMEA yang di implementasikan pada MPSA PA. Nilai aman dengan risiko sedang yang diperoleh dari perhitungan RPN, yaitu 4 sampai 23.


Keywords


Failure Mode and Effect Analysis (FMEA); Modular Production System of Process Automation (MPS PA); Risk Priority Number (RPN); Temperatur; Water level

Full Text:

PDF

References


Koswara, D. (2020). Otomatisasi Sistem Pengukuran Level Air Dalam Tangki dengan Metode Sensor Ultrasonik dan Mikrokontroler. Jurnal Elektronika, 15(1), 24-33.

Scipioni, A., Saccarola, G., Centazzo, A., and Arena, F., “FMEA methodology design, implementation and integration with HACCP system in a food company” Food Control, Vol. 13, pp. 495-501, 2002.

Zhang, S., Zhang, J., & Wu, F. Failure Mode and Effect Analysis of transmission system in power supply enterprise. 2021 11th International Conference on Intelligent Control and Automation (ICICA): 2021.

Elnaffar, K., Alobaidi, S., & Zribi, M. (2019). Water level control system for fish tank using IoT. Journal of Electrical Engineering, 69(5), 283-290.

Seung, J.R., and Kosuke, I., “Using Cost Based FMEA to Enhance Reliability and Serviceability”, Journal of Advanced Engineering Informatics, Vol.17, pp. 179-188, 2003.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2024.5569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Feronica Shera Nevada, Eko Budi Utomo, Zaqiatud Darojah, dan Eny Kusumawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.