Rancang Bangun Sistem Peringatan Overheating pada Suhu Kampas Rem Mobil dengan Telegram

Muhammad Hendro Aprianto, Arif Wisaksono, Syamsudduha Syahrorini

Abstract


Keselamtan di jalan merupakan hak seluruh bagi pengguna jalan. Pada kenyataannya hal tersebut masih sulit untuk dicapai karena tingkat kecelakaan yang masi begitu tinggi. Salah satu faktor kecelakaan adalah kendaraan yang tidak berkeselamatan dengan penyebab didominasi masalah pada rem. Masalah yang sering terjadi yaitu tingkat panas berlebih (overheating) pada sistem rem yang mengakibatkan gagal rem (fading). Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi suhu kerja pengereman dan memberikan sistem peringatan dini (early warning system) overheating kepada pengemudi. Metode yang digunakan pada sistem ini dirancang menggunakan Nodemcu ESP8266 dan sensor Thermocouple yang akan bekerja jika suhu suhu mencapai batas-batas yang sudah di tentukan dari program akan mentranfer sebuah notif peringatan kepada sang pengemudi melalui indikator LED, dan mengirim notifikasi ke peringatan suhu mencapai keadaan panas yang berlebih. Dari pengujian yang dilakukan didapatkan bahwa alat dapat mengukur suhu dengan ketepatan 97% sebagai inputannya. Dan untuk output nya juga suda bisa berfungsi sesuai denga napa yang diinginkan.

Keywords


Gagal rem; NodeMCU ESP8266; sistem pengereman; telegram; thermokopel

Full Text:

PDF

References


A. A. Anisarida dan S. Janizar, “Besaran Biaya Korban Kecelakaan Sepeda Motor di Kota Bandung Victims Fees Of Motorcycle Accidents In Bandung City,” Geoplanart, vol. 2, no. 2, hal. 62–74, 2019.

M. T. A. Amir dan Y. Y. Kerlooza, “Sistem Pendeteksi Kecelakaan Kendaraan Bermotor Menggunakan Arduino Dan Smartphone Android,” Telekontran J. Ilm. Telekomun. Kendali dan Elektron. Terap., vol. 8, no. 2, hal. 105–112, 2021, doi: 10.34010/telekontran.v8i2.4570.

S. Wijayanta, S. Sutarjo, N. Shafa AF, dan K. Pambudi, “Batas Aman Muatan Sumbu Roda Dan Temperatur Tromol Ditinjau Dari Ambang Batas Efisiensi Rem Mobil Pick Up Futura,” J. Keselam. Transp. Jalan (Indonesian J. Road Safety), vol. 6, no. 2, hal. 120–135, 2019, doi: 10.46447/ktj.v6i2.36.

U. Sunarya dan A. Novianti, “SISTEM PENDETEKSI KAMPAS SEPEDA MOTOR BERBASIS IoT ( SYSTEM DETECTION of CANVAS MOTORCYCLE BASED on IoT ),” vol. 5, no. 1, hal. 409–420, 2019.

W. I. Rahayu, M. N. Fauzan, T. R. Wulansari, dan P. / Jurusan, “Analisis Penerapan Fuzzy Logic Monitoring Suhu Tromol Untuk Mencegah Kecelakaan Pada Mobil Tangki (Studi Kasus Pt. Pertamina Patra Niaga),” J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, hal. 29–35, 2020.

D. Agprianta, “Rancang Bangun Sistem Pengereman Otomatis Berbasis Fuzzy PID pada Prototipe Mobil Otonom ACePITS,” 2018, [Daring]. Tersedia pada: https://repository.its.ac.id/55880/%0Ahttps://repository.its.ac.id/55880/1/02311440000006-Undergraduate_Theses.pdf.

J. Dewanto dan A. Andreas Wijaya, “Sistem Pendingin Paksa Anti Panas Lebih (Over Heating) pada Rem Cakram (Disk Brake) Kendaraan,” J. Tek. Mesin, vol. 12, no. 2, hal. 97–101, 2011, doi: 10.9744/jtm.12.2.97-101.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2023.4301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Hendro Aprianto, Arif Wisaksono, Syamsudduha Syahrorini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.