Implementasi Domain Name Server (DNS) Spoofing pada Jaringan Nirkabel

Danang Haryo Sulaksono, Gusti Eka Yuliastuti, Citra Nurina Prabiantissa, I Kadek Agus Ariyasa

Abstract


Perkembangan jaringan di belahan dunia ini sangat membantu dalam pertukaran data antar manusia di lain tempat. Namun dalam suatu jaringan nirkabel user harus saling berkomunikasi untuk dapat bertukar data atau informasi dalam satu jaringan Dimana jaringan nirkabel dapat menghubungkan perangkat tanpa menggunakan kabel. Masalah yang dihadapi adalah pada jaringan nirkabel untuk kurangnya pencegahan pada web-web yang memiliki konten negatif. Untuk itu perlu suatu cara agar dapat mengalihkan web dengan konten negatif tersebut dengan web yang memiliki konten positif. Salah satu solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan Domain Name Server (DNS) Spoofing. DNS Spoofing adalah sebuah metode hacking Man In The Middle Attack (MITM) yang dapat memanipulasi paket DNS yang ada dalam jaringan DNS itu sendiri dengan mengubah sebuah alamat domain menjadi palsu. Pengujian dengan menggunakan perhitungan QoS. menggunakan empat parameter. Parameter pertama adalah throughput, menghasilkan nilai 9.589 byte/s, masuk ke dalam kategori yang sangat bagus dalam penggunakan DNS Spoofing pada jaringan nirkabel. Kedua adalah pengujian delay, dan mendapatkan hasil rata-rata sebesar 0,0819334 ms masuk ke dalam golongan yang sangat baik. Pada pengujian ketiga, pengujian menggunakan jitter, mendapatkan hasil sebesar 0 ms, masuk ke dalam kategori yang sangat baik. Keempat adalah pengujian dengan parameter packet loss menghasilkan 0% dan masuk ke golongan sangat baik.


Keywords


Domain Name Server (DNS) Spoofing, Metode Hacking Man In The Middle Attack (MITM, QoS, Throughput, Delay, Jitter, Packet Loss

Full Text:

PDF

References


A. R. Taqwa, D. H. Sulaksono, “Implementasi Kriptografi Dengan Metode Elliptic Curve Cryptography (ECC) Untuk Aplikasi Chatting Berbasis Android”, Jurnal Riset Inovasi Bidang Informatika dan Pendidikan Informatika (KERNEL). Vol. 1. No. 1, 2020.

Anshori, I. Fardian, “Implementasi Socket TCP/IP Untuk Mengirim Dan Memasukkan File Text Kedalam Database”, Jurnal RESPONSIF. Vol. 1. No. 1. E-ISSN: 2685-6964, 2019.

D. Irawan, “Mencuri Informasi Penting Dengan Mengambil Alih Akun Facebbok Dengan Metode Phising”, Jurnal Ilmu Komputer & Informatika. Vol. 1. No. 1, 2020.

A. Ginanjar, N. Widiyasono, R. Gunawan, “Analisis Serangan Web Phising Pada Layanan E-Commerce Dengan Metode Network Forensic. Process”, JUTEI Edisi. Vol. 2. No. 2. ISSN: 2579-3675, 2018.

V, C, Ginting, D. P. Kartikasari “Deteksi Serangan ARP Spoofing Berdasarkan Analisis Lalu Lintas Paket Protokol ARP”. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 3, No. 5. Hlm. 5049-5057. E-ISSN: 2548-964X, 2019.

[6] G. Saskara, I. A. Jude, I. P. Oktap. P. H. Putra, “Keamanan Jaringan Komputer Nirkabel Dengan Captive Potal Dan WPA/WPA2 Di Politeknik Ganesha Guru”, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 16, No. 2. P-ISSN: 0216-3241, E-ISSN: 2541-0652, 2019.

F. Suhaila, “Analisis Jaringan LAN di SMK 5 TELKOM Banda Aceh”, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Darusalam Banda Aceh, 2019.

A. N. Syahrudin T. Kurniawan, “Input Dan Output Pada Bahasa Pemrograman Python (Studi Kasus: STMIK Sumedang”, Jurnal Dasar Pemrograman Python STMIK, 2018.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2023.4288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Danang Haryo Sulaksono, Gusti Eka Yuliastuti, Citra Nurina Prabiantissa, I Kadek Agus Ariyasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.