Rancang Bangun Game Edukasi Bahasa Ingrris “SENA RUSH” Berbasis Android Menggunakan Incremental Model

Mohammad Shihab Ichal Saxena Setyawan, Rahmi Rizkiana Putri, Andy Rachman

Abstract


Game edukasi digital merupakan pembelajaran yang terjadi dengan bantuan game digital. Sehingga, belajar dan pengajaran sangat berhubungan dengan penggunaan game. Permasalahan yang sering muncul disaat pembelajaran Bahasa Inggris adalah sulit nya bagi siswa mencerna kosakata Maka dirancanglah game edukasi ini yang dapat membantu pemain memahami kosakata sederhana dalam bahasa Inggris dan menggunakan pemahaman tersebut untuk memahami dan memproduksi teks tulisan dan visual sederhana dalam bahasa Inggris dengan bantuan contoh. Model Incremental dipilih karena metode ini sederhana dan dapat meminimalisir ketidaksesuaian serta memiliki resiko kegagalan lebih rendah dikarenakan adanya evaluasi dari tiap increment. Setelah langkah dari incremental selesai dilakukan pre-test dan post-test dan didapatkan rata-rata nilai pemain sebelum menggunakan game (pre-test) yaitu 69. Setelah menggunakan game (post-test) rata-rata yang diperoleh para siswa yaitu 79 maka maka dapat diperoleh kesimpulan aplikasi game edukasi dapat membantu meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris.

Keywords


Bahasa inggris; Game; Game edukasi; Incremental model; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Al Irsyadi, F. Y., Annas, R., & Kurniawan, Y. I. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pengenalan Benda-Benda di Rumah bagi Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 9(2), 78–92. https://doi.org/10.34010/jati.v9i2.1844

Paruntu, G. S., Tangkawarouw, S., Kaunang, G., & Tulenan, V. (2020). Game Based Education : Shorinji Kempo. Jurnal Teknik Informatika, 15(2), 127–136.

Rachman, A., Andreansyah, & Rahmi. (2020). Implementation of Incremental Models on Development of Web-Based Loan Cooperative Applications. International Journal of Education, Science, Technology, and Engineering, 3(1), 26–34. https://doi.org/10.36079/lamintang.ijeste-0301.105

Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039

Sintadewi, N. M. D., Artini, N. P. J., & Febryan, I. (2020). Analysis of English Learning Difficulty of Students in Elementary School. International Journal of Elementary Education, 4(3), 431. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.28524

Junus, E., Kusuma, N., Arjuna, V. F., Tandi, W., Alif, M. N., & Primasari, C. H. (2021). Game Edukasi Tebak Warna Untuk Murid TK. 27–33.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2023.4267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mohammad Shihab Ichal Saxena Setyawan, Rahmi Rizkiana Putri, Andy Rachman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.