Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Web Menggunakan Rapid Application Development Model Di PT Adhitama Mitra Nusantara

March Angga Vehryza Wardhana, Rahmi Rizkiana Putri, Septiyawan Rosetya Wardhana

Abstract


Dalam sebuah perusahaan peran akuntansi sangatlah diperlukan, dikarenakan setiap perusahaan membutuhkan pengelolaan data yang baik untuk bisa menunjang perusahaannya. Laporan akutansi berguna sebagai sumber informasi bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan. Di PT Adhitama Mitra Nusantara kegiatan pengelolaan data akuntansi masih dilakukan secara manual, mulai dari pencatatan transaksi keluar dan masuk, pembuatan laporan jurnal, laporan laba rugi, laporan neraca yang menyebakan lamanya proses pengelolaan data jika sewaktu waktu dibutuhkan. Maka di rancanglah alat bantu sistem informasi akuntansi yang dapat membantu pencatatan keuangan dan juga memonitoring laporan keuangan perusahaan. Metode rapid apllication development model dipilih dalam pengembangan aplikasi ini. Langkah langkah pengembangan dimulai dari requerement planning, desain workshop, dan implementation. Setelah langkah langkah dari RAD selesai, untuk mendapatkan ulasan (review) dari pengguna dipublikasikanlah form kuisioner dengan acuan ISO 9126-3 dengan pembahasan nilai dari segi functionality dan usability yang mendapatkan jumlah responden sebanyak 3 orang. Dari hasil pengisian kuisioner yang telah didapatkan, nilai tersebut dihitung menggunakan acuan skala likert dengan hasil akhir yang mendapatkan nilai functionality sebesar 93,33% dan usability sebesar 90,22% dan dapat disimpulkan bahwa pengguna sangat setuju terhadap nilai Functionality dan Usability dari aplikasi yang dibuat.

Keywords


akuntansi; RAD model; iso 9126-3; likert

Full Text:

PDF

References


R. R. Muhima, A. Rachman, R. R. Putri, F. Farida, and D. H. Sulaksono, “Rancang Bangun dan Pelatihan Penggunaan Sistem Administrasi Taman Pendidikan Al-Quran Al Mursyidien Surabaya,” JPP IPTEK J. Pengabdi. Dan Penerapan IPTEK, vol. 3, no. 2, pp. 105–112, Nov. 2019, doi: 10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i2.562.

S. Safirah and S. Masripah, “Penerapan Aplikasi Akuntansi Pada Laporan Keuangan Peusahaan Dagang,” p. 6, 2018.

M. Rahmawati and A. Martriani, “ANALISA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI EVENT ORGANIZER DENGAN APLIKASI ACCURATE VERSI 5 (Studi Kasus: PT. Inti Nuansa Ciptavisi),” Monet. - J. Akunt. Dan Keuang., vol. 6, no. 2, pp. 97–106, Oct. 2019, doi: 10.31294/moneter.v6i2.5070.

S. Susilowati and M. T. Negara, “IMPLEMENTASI MODEL RAPID APLICATION DEVELOPMENT (RAD) DALAM PERANCANGAN APLIKASI E-MARKETPLACE,” p. 6, 2018.

B. A. Wahid, “PENERAPAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT,” vol. 3, no. 1, p. 7, 2019.

D. Hariyanto, R. Sastra, and F. E. Putri, “Implementasi Metode Rapid Application Development Pada Sistem Informasi Perpustakaan,” vol. 13, no. 1, p. 8, 2021.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2023.4237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 March Angga Vehryza Wardhana, Rahmi Rizkiana Putri, Septiyawan Rosetya Wardhana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.