Aplikasi Pemilihan “Life Style Accessories” Menggunakan Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique)

Fauzan Ardiansyah, Ruli Utami

Abstract


Era modern khususnya terkait mode telah berkembang pesat selaras dengan perkembangan teknologi, salah satu mode yang banyak diminati masyarakat adalah aksesoris yang bisa dipadu padankan dengan mode style saat di gunakan; Adapun aksesoris yang dipilih sebagai sampel dalam penelitian ini adalah satu merk jam tangan. Banyaknya kriteria yang mempengaruhi pemilihanan jam tangan ini membuat masyarakat membutuhkan satu aplikasi yang dapat membantu dalam memilih jam terbaik berdasarkan merk, bahan, kekuatan water resistance, kekuatan baterai, dan harga. Sehingga peneliti mengusulkan pembuatan aplikasi sesuai user requirement tersebut di atas untuk memudahkan pemilihan, peneliti memilih menggunakan metode SMART karena salah satu keunggulan dari metode ini adalah fleksibiltas dalam pembobotan. Dengan fleksibiltas ini, pemakai sistem bisa mendapatkan rekomendasi sesuai pembobotan yang diinginkan. Dalam fase akhir pengembangan aplikasi ini, telah dilakukan pengujian mengunakan kuisioner untuk kelayakan sistem yang dikembangkan. Dari 30 kali pengujian pada aplikasi pemilihan jam tangan dengan menggunakan empat kriteria diperoleh 25 data yang sesuai dan 5 data yang tidak sesuai, sehingga mendapatkan presentase hasil akurasi sistem sebesar 83,3%.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan; Simple Multi Attribute Rating Technique; kategori; kriteria; jam tangan Casio

Full Text:

PDF

References


Atmojo, S., Dewi, S., Widhiyanta, N., & Utami, R. (2021). Sistem Informasi Rekomendasi Pemilihan Sekolah Dasar Dengan Metode Ahp Studi Kasus Surabaya Barat. Jurnal Ilmiah EDUTIC, 7(2), 85-93.

Widyowati, W. A., & Utami, R. (2021). Aplikasi rekomendasi Pemilihan Undangan Pernikahan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika (SNESTIK) I, 283-290.

Kusrini, K. (2007) “Aplikasi sistem pendukung keputusan,” Yogya. Andi.

Boy, A. F, & Setiawan, D., (2019). Penerapan Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) dalam Pengambilan Keputusan Calon Pendonor Darah pada Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Tanjung Morawa. Jurnal SAINTIKOM, 18(2), 202-218.

Prasetyo, A., Ari Ghozali, A., & Ariani, F. (2022). PENERAPAN METODE SMART PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN SOFT SKILLS KARYAWAN (STUDI KASUS: PT. INDUSTRI KREATIF DIGITAL). Jurnal Tera, 2(1), 14–25.

Magrisa, T., Wardhani, K. D. K., & Saf, M. R. A. (2018). Implementasi Metode SMART Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 13(1), 49-55.

Sari, N. K., & Palumpun, Y. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kamera Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) Berbasis WEB (Studi Kasus: Toko Hunting Jayapura). Jurnal Teknologi Informasi, 9(1), 59-68.

Kustiyahningsih, Y. & Syafa’ah, N. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Jurusan Pada Siswa Sma Menggunakan Metode KNN Dan SMART. 19–28.

P. Goodwin and G. Wright, Decision analysis for management judgment. John Wiley & Sons, 2004.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2023.4173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fauzan Ardiansyah, Ruli Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.