Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Senjata Tradisional Dunia Dengan Menggunakan Metode MDLC

Neng Nuraeni, Fadhilah Subhiakti, Mira Siti Samira Yuliani

Abstract


Augmented reality adalah teknologi yang dapat menggabungkan dunia maya dan dunia nyata secara real time. Pada aplikasi augmented reality yang digunakan saat ini adalah di bidang informasi khususnya dalam pembelajaran, di mana aplikasi tersebut diterapkan untuk menyajikan pengenalan senjata tradisional. Pengenalan senjata tradisional merupakan ilmu yang pada dasarnya erat kaitannya dengan adat dan budaya. Yang mencerminkan karakteristik masnyarakatnya. Senjata tradisional merupakan jati diri suatu bangsa yang harus dilestarikan. Namun pada kenyataannya bentuk informasi senjata tradisional untuk siswa sekolah dasar masih langka, karena keterbatasan media pembelajaran dan metode mengajar yang monoton dan ketidakmungkinan untuk memperlihatkan satu per satu benda tersebut secara langsung. Aplikasi ini diuji dengan metode pengujian Blackbox Testing dan hasil dari pengujian menunjukan semua fungsi berjalan dengan baik. Aplikasi ini dapat meningkatkan minat siswa dalam mempelajari kebudayaan dan dapat menjadi media untuk mempelajari dan melestarikan budaya bangsa khususnya senjata tradisional dunia. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC).


Keywords


Senjata Tradisional; Augmented Reality; Kebudayaan

Full Text:

PDF

References


Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 34.

Rifai, M. (2014). Perkembangan Teknologi Pemodelan Grafik. .

Susanti, D. (2018, Oktober 17). Pengertian MDLC. Retrieved from WordPress.com: https://despi99.wordpress.com/2018/10/17/pengertian-mdlc/

Atmaja, N. J. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Virtual Tour Pengenalan Wisata Daerah Majalengka Mengggunakan Teknologi Virtual Reality Dengan Perangkat Android.

Sukatmi. (2014, April 1). Implementasi White Box dan Black Box Dalam Penjaminan Mutu Sistem Informasi. Retrieved from http://ejurnal.dcc.ac.id/upload/10/%20Jurnal-Sukatmi_Hal-42-47.pdf




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2023.4110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Neng Nuraeni, Fadhilah Subhiakti, Mira Siti Samira Yuliani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.