Penerapan Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori untuk Menentukan Pola Pembelian Alat Tulis Kantor (Studi Kasus Pada Toko Vertikal )

Kukuh Suryantoro, Shah Khadafi

Abstract


Data mining telah banyak diimplementasikan ke berbagai bidang, salah satunya dalam bisnis penjualan pada toko swalayan. Pada toko vertikal yang menjual kebutuhan ATK dengan berbagai macam jenis merek dan barang yang terjual pada setiap harinya. Untuk itu diperlukan sistem yang yang digunakan untuk menganalisa pola pembelian pada data penjualan toko vertikal. Algoritma apriori adalah sebuah metode yang akan mencari pola hubungan antar satu atau tiga lebih item dalam sebuah dataset. Sehingga nantinya pengelola toko dapat membuat promo paket ATK dan tata letak barang yang saling terikat satu sama lain, agar konsumen tidak kesulitan dalam mencari barang. Hasil Analisa pengujian sistem yang mana menggunakan data yang terakumulasi setiap minggunya dengan menggunakan minimal support dan minimal confidence yang sama menghasilkan rule yang terbentuk semakin sedikit . Dari pengujian yang menggunakan seluruh data transaksi pada bulan januari dan februari 2021 dapat disimpulkan bahwa pengujian dengan naiknya nilai minimal support dan minimal confidence menghasilkan sedikit rule bahkan tidak mendapatkan rule sama sekali.

Keywords


Data Mining; Apriori; Alat Tulis Kantor

Full Text:

PDF

References


H. D. Anggraeni, R. Saputra, and B. Noranita, “Aplikasi Data Mining Analisis Data Transaksi Penjualan Obat Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Informatics Technoligy, vol. 2, no. 2, pp. 22–28, 2013,

A. Setiawan and F. P. Putri, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Kombinasi Produk Penjualan,” Ultim. J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 66–71, 2020, doi: 10.31937/ti.v12i1.1644.

Kusrini and E. T. Luthfi, Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi, 2009.

D. Sepri and M. Afdal, “Analisa Dan Perbandingan Metode Algoritma Apriori Dan Fp-Growth Untuk Mencari Pola Daerah Strategis Pengenalan Kampus Studi Kasus Di Stkip Adzkia Padang,” J. Sist. Inf. Kaputama, vol. 1, no. 1, pp. 47–55, 2017,

B. Santoso, Data mining teknik pemanfaatan data untuk keperluan bisnis. Yogyakarta: Graha ilmu, 2007.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2023.4104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 kukuh suryantoro, shah khadafi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.