RANCANG BANGUN GAME PETUALANGAN “SI TIKA“ BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MODEL INCREMENTAL

Abdul Kholiq Al Anam, Andy Rachman, Sulistyowati Sulistyowati, Nanang Fakhrur Rozi

Abstract


Sehubungan dengan anjuran pemerintah untuk melakukan pembelajaran daring, maka penggunaan ponsel sebagai sarana pembelajaran saat ini sudah tidak dapat dihindari lagi. Pembelajaran online diharapkan siswa mengikuti pembelajaran jarak jauh selama pandemi ini. Namun, seiring berjalannya waktu, mahasiswa yang bosan memahami hak dan kewajiban materinya memilih untuk bermain game daripada belajar atau membaca materi kuliahnya. Berdasarkan permasalahan di atas, maka peneliti membuat alat peraga yang dapat digunakan oleh siswa, khususnya berupa permainan edukatif, untuk meningkatkan pembelajaran tentang hak dan kewajiban siswa. Fase persyaratan, desain, pengkodean, pengujian, dan implementasi digunakan dalam model inkremental untuk pengembangan game. Persyaratan adalah tahap penentuan masalah yang akan dipecahkan, desain adalah tahap penentuan desain game, pengembangan adalah tahap pengembangan game menggunakan mesin game, pengujian adalah tahap di mana game diuji setelah dibuat, dan implementasi adalah tahap di mana game diberikan kepada pengguna. Aplikasi yang dibuat oleh peneliti telah dievaluasi oleh 30 siswa dan 2 guru berdasarkan ISO 9126 Usability Factor, dengan nilai Sub Factor Understanding sebesar 86 persen, Learnability sebesar 86 persen, Operability sebesar 85 persen, Attractiveness sebesar 88 persen, dan Kepatuhan Kegunaan menjadi 90 persen. Nilai rata-rata total sebesar 87 persen, menunjukkan bahwa aplikasi tersebut sangat membantu untuk membantu siswa belajar pengenalan hak dan kewajiban

Keywords


Model incremental; rekayasa perangkat lunak; hak dan kewajiban; game edukasi; media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


D. Setiawan, “Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya,” J. SIMBOLIKA Res. Learn. Commun. Study, vol. 4, no. 1, pp. 62–72, 2018.

IndiHome, “Melihat Perkembangan Dunia Kreatif Game Online Dulu dan Sekarang,” Juni, 2021. https://indihome.co.id/blog/melihat-perkembangan-dunia-kreatif-game-online-dulu-dan-sekarang (accessed Jun. 23, 2021).

G. I. Kharisma and F. Arvianto, “Pengembangan aplikasi android berbentuk education games berbasis budaya lokal untuk keterampilan membaca permulaan bagi siswa kelas 1 SD/MI,” Prem. Educ. J. Pendidik. Dasar Dan Pembelajaran, vol. 9, no. 2, p. 203, 2019.

M. E. Siregar and D. Anyangsen, “Aplikasi Game Edukasi Belajar Menghafal Huruf dan Angka Berbasis Android dengan Metode Prototype,” J. Inov. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 1–8, 2019.

Y. Lubis and D. N. Priharto, PPKn-BG-KLS_IV, 2021st ed. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolog, 2021.

[P. A. L. REV and J. O. U. R. O. F. L. AW, “PELAKSANAAN HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA INDONESIA DI DALAM BIDANG PENDIDIKAN TINJAUAN DARI PASAL 31 UNDANG-UNDANG DASAR TAHUN 1945.”

F. A. Firdaus, A. Diamantina, and A. Soemarmi, “HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA INDONESIA YANG KEWARGANEGARAANNYA DIPEROLEH MELALUI NATURALISASI,” Diponegoro Law J., vol. 11, no. 2, 2022.

A. Rachman, Andreansyah, and Rahmi, “Implementation of Incremental Models on Development of Web-Based Loan Cooperative Applications,” Int. J. Educ. Sci. Technol. Eng., vol. 3, pp. 26–34, May 2020, doi: 10.36079/lamintang.ijeste-0301.105.

A. Rachman, M. Kurniawan, C. Anam, R. E. Putra, A. K. Salim, and N. F. Rozi, “Kangean Island Marketplace Design and Development Using Hybrid Model,” Int. J. Educ. Sci. Technol. Eng., vol. 5, no. 2, pp. 41–48, 2022.

A. O. H. Saputra and R. Arafiyah, “Rancang Bangun Cerita Rakyat Ande-Ande Lumut Berbasis Game Visual Novel Menggunakan Ren’py,” J-KOMA J. Ilmu Komput. dan Apl., vol. 1, no. 1, 2020.

A. H. Suasapha, “Skala Likert Untuk Penelitian Pariwisata; Beberapa Catatan Untuk Menyusunnya Dengan Baik,” J. Kepariwisataan, vol. 19, no. 1, pp. 26–37, 2020, doi: 10.52352/jpar.v19i1.407.

D. Chatrin, E. Manalu, and A. Rachman, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Batik Berbasis Web Mengunakan Model Incremental,” J. Ris. Inov. Bid. Inform. Dan Pendidik. Inform., vol. 3, no. 1, pp. 41–48, 2022.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2023.3997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Abdul Kholiq Abdul, Andy Rachman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.