Pengembangan dan Perawatan Sistem Informasi Manajemen Perjalanan Dinas Berbasis Web Kementerian Agama (Studi Kasus PT. Informatika Media Pratama)

Nursandi Nursandi, Harun Sujadi

Abstract


PT. Informatika Media Pratama merupakan salah satu perusahaan yang terletak di Jawa Barat. Sebelum tahun 2021 anggota dari PMU atau Kementerian Agama yang merupakan client dari PT. Informatika Media Pratama melakukan perjalanan dinas secara manual, mulai dari pembuatan jadwal, approval, laporan dan pembayaran secara manual. Oleh karena itu banyak sekali kendala dan masalah yang dialami oleh pelaku perjalanan dinas seperti salah mengunjungi madrasah, telat mengirimkan laporan, salah mengirimkan bukti pembayaran bahkan salah transfer.  Sehingga PT. Informatika Media Pratama yang merupakan vendor dari Kementerian Agama membuat sistem informasi manajemen perjalanan dinas, Namun karena banyaknya pengguna dan kendala dilapangan maka diperlukan pengembangan dan perawatan pada sistem informasi manajemen perjalanan dinas seperti penambahan fitur dan perawatan atau perbaikan bug. Metodologi pengembangan dan perawatan pada sistem yang digunakan adalah metode yang dikenal dengan nama SDLC atau Software Development Life Cycle. Pada tahap perancangannya akan dijelaskan dalam berbagai bentuk diagram UML atau Unified Modelling Language. Penelitian ini menghasilkan beberapa fitur dan perbaikan bug, dan salah satu penambahannya yaitu integrasi dengan aplikasi LMS (Learning Management System) Kementerian Agama dan perbaikan fitur untuk integrasi dengan whatsapp.

Keywords


Sistem informasi; perjalanan dinas; manajemen; pengembangan sistem; perawatan sistem

Full Text:

PDF

References


D. Pranata and D. K. Marisa, “Rancang Bangun Website Jurnal Ilmiah Bidang Komputer (Studi Kasus : Program Studi Ilmu Komputer UNIVERSITAS MULAWARMAN),” 2015.

Geovanne Farell, Hadi Kurnia Saputra, and Igor Novid, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengarsipan Surat Menyurat (Studi Kasus Fakultas Teknik UNP),” Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, Sep. 2018.

A. I. Habiby and Y. Yamasari, “Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web (Studi Kasus : TK Kusuma Putra Kota Mojokerto),” 2017.

Y. Wahyudin and D. N. Rahayu, “Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review,” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Oct. 2020.

E. Ana, K. Lestari, E. Anjarwani, and N. Agitha, “Rancang Bangun Sistem Informasi Surat Perintah Perjalanan Dinas pada Sekretariat Daerah Provinsi Berbasis Web,” 2018.

I. Nurbayan, A. Deddy, and M. Kom, “Pengembangan Sistem Informasi Surat Perintah Perejalan Dinas (SPPD) Di Balai Produksi Dan Pengujian Roket Pameungpeuk Menggunakan NETBEANS,” 2015.

Geniusa Aginta and Samopa Febriliyan, “Pembuatan Sistem Informasi Perjalanan Dinas Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (SIPD-Kanwil DJPBN),” JURNAL TEKNIK POMITS, 2013.

A. Sidqin Maza, “Sistem Informasi Resume Perjalanan Dinas Pada Dinas ESDM Provinsi Sumatera Selatan Berbasis Web,” Jurnal Ilmiah MATRIK, vol. 24, no. 2, 2022.

S. Endang Anjarwani and M. Ali Albar, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Surat dan Kearsipan pada Sekretariat Daerah Provinsi NTB Berbasis Web,” 2018.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2023.3959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nursandi Nursandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.