APLIKASI REKOMENDASI PEMILIHAN UNDANGAN PERNIKAHAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Ruli Utami, Wahyu Astri Widyowati

Abstract


Budaya masyarakat sangat mementukan karakteristik dan kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat dalam menggelar acara yang menghadirkan banyak tamu, oleh karena itu detail dari persiapan acara juga menjadi hal yang sangat penting; tak terkecuali terkait pemilihan kartu undangan. Dalam pemilihan kartu undangan terdapat banyak kriteria yang harus dipertimbangkan, salah satunya adalah harga, model, kualitas, dan juga jarak pemesanan kartu undangan dengan waktu penyelenggaraan acara. Dengan banyaknya alternatif pilihan kartu undangan, maka dibutuhkan sebuah aplikasi rekomendasi pemilihan kartu undangan menggunakan metode AHP yang dapat mempermudah user dalam menentukan pilihan dengan mempertimbangkan pembobotan pada masing-masing kriteria dan jumlah alternatif yang ada. Dari hasil 30 kali pengujian yang dilakukan pada aplikasi, dapat diketahui bahwa terdapat 28 data yang sesuai dan 2 data yang tidak sesuai sehingga diperoleh hasil akurasi aplikasi rekomendasi tersebut adalah sebesar 93,3%.

Keywords


Undangan Pernikahan; Sistem Pendukung Keputusan; Sistem Rekomendasi; Analytical Hierarchy Process (AHP)

Full Text:

PDF

References


N. Marlina, "Hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dan kematangan emosi dengan kecenderungan menikah dini" Jurnal Empathy, Vol 2, no.1, 2013.

J. Manap, dkk, "The purpose of marriage among single malaysian youth". Jurnal Procedia: Social and Behavioral Sciences, Vol. 82, hal. 112-116, 2013.

E. Elsa, “Perancangan Desain Web dan Instagram ndangan Pernikahan "Anytime Wedding Invitation” ARS-Jurnal Seni Rupa & Desain, Vol 21 No. 1, Hal 44-61, 2018.

P. K. Putri dan I. Mahendra, “Implementasi Metode Analytical Hierachy Process (AHP) dalam Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Rumah di Kota Tangerang” Jurnal TEKNOINFO, vol. 13, no. 1, hal. 36–40, 2019.

S. Ipnuwati, “Implementasi Metode Analytical Hierachy Process (AHP) untuk Menentukan Kinerja Pegawai Berprestasi” Jurnal Teknologi dan Informatika, vol. 1, no. 1, hal. 1–12, April 2020.

E. Yunianto, dan A. P. Wibowo “Implementasi Metode AHP dan Moora untuk Pemeringkatan e MarketPlace Indonesia Tahun 2020 Kuartal Kedua” Jurnal INSTEK, vol. 6, no. 1, hal. 120–129, April 2021.

I. Syafrinal, dan D. Aldo “Implementasi Metode Analytical Hierachy Process (AHP) untuk Penilaian Rumah Huni” Jurnal Inovtek Polbeng-Seri Informatika, vol. 5, no. 2, hal. 205–217, 2020.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2021.1823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ruli Utami, Wahyu Astri Widyowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.