Implementasi Manajemen Proyek dengan Metode CPM (Critical path method) Tentang Optimalisasi Durasi Proyek Pemasangan Fiber Optik Diperusahaan XYZ

Muhammad Rizki Kusuma Pratama, Shah Khadafi, Adib Pakarbudi

Abstract


Perusahaan xyz merupakan perusahaan yang bergerak dibidang kontruksi dan komunikasi berbasis fiber optik di lokasi Jawa Timur. Manajemen proyek merupakan suatu tata cara mengorganisir dan mengelola sumber penghasilan yang penting untuk menyelesaikan. Suatu proyek yang telah dikembangkan, tentunya memiliki berbagai kendala yang dihadapi, misalnya saja tentang perencanaan waktu. Perencanaan waktu yang matang sangat penting untuk keberhasilan proyek. Maka dilakukan pengerjaan manajemen proyek dengan Metode CPM (Critical path method) dan optimalisasi durasi proyek. Untuk mengetahuinya dengan menentukan jalur terpanjang dari awal sampai akhir; Untuk memperkirakannya dengan menggunakan metode CPM dan melakukan perhitungan data penyelesaian proyek tepat waktu dan sesuai rencana. Metode ini tepat untuk digunakan sebagai metode CPM dilihat dari akurasi hasil sistem dan perhitungan hasil menurut perusahaan. Berdasarkan pengujian jalur kritis dengan 15 kali pengujian menggunakan durasi yang berbeda diketahui tingkat akurasi sebesar 100,00%.


Keywords


CPM (Critical path method), Fiber optik, proyek, Lintasan kerja, Jalur kritis.

Full Text:

PDF

References


A. C. Siregar and I. Iffiginia, “Penggunaan critical path method (CPM) untuk evaluasi waktu dan biaya pelaksanaan proyek,” Tek. J. Sains Dan Teknol., vol. 15, no. 2, p. 102, Nov. 2019, doi: 10.36055/tjst.v15i2.6816.

Siregar and Sofyan, Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

D. Hamdan and K. Nurjaman, Manajemen Proyek. Bandung: Pustaka Setia, 2014.

S. Qomariyah and F. Hamzah, “ANALISIS NETWORK PLANNING DENGAN CPM (CRITICAL PATH METHOD) DALAM RANGKA EFISIENSI WAKTU DAN BIAYA PROYEK,” Matriks Tek. Sipil, vol. 1, no. 4, pp. 408–419, 2013, doi: 10.20961/mateksi.v1i4.37494.

J. Heizer and B. Render, Operation Management, 11th ed. Pearson Education, Inc, 2013.

S. Khadafi, A. Salim, Nopendri, R. Prabowo, and C. Anam, “Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan (SNTEKPAN) VII,” in Menuju Penerapan Teknologi Terbarukan pada Industri 4.0 : Perubahan Industri dan Transformasi Pertumbuhan Digital, Sep. 2019, pp. 705–710.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2021.1814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Rizki Kusuma Pratama, Shah Khadafi, Adib Pakarbudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.