Model Rancangan Aplikasi Pembelian Tiket Dengan Pendekatan Unified Modeling Language (Studi Kasus: Tiket Taman Wisata)

Raul Irawan Hermanto

Abstract


Taman wisata merupakan tempat hiburan yang biasanya masyarakat kunjungi dikarenakan ada sesuatu yang menarik dan mendidik, akan tetapi taman wisata yang sangat terkenal dan berkembang serta lokasi tempat taman wisata yang mudah dijangkau atau ditemukan oleh para wisatawan memberikan dampak terhadap pembelian tiket masuk taman wisata itu sendiri jika bertepatan hari libur bersama atau banyaknya wisatawan yang datang, tentunya akan terjadi antrian. Merujuk kepada situasi pembelian tiket masuk taman wisata maka menuangkan gagasan membentuk model rancangan aplikasi pembelian tiket taman wisata dengan pendekatan Unified Modeling Language dengan menggunakan kesederhanaan pada beberapa diagram diantaranya use case diagram, activity diagram dan class diagram. Pendekatan metode model rancangan aplikasi menggunakan paradigma waterfall atau diagram air terjun dengan mengikuti kaidah proses yang bertahap. Adapun model rancangan  aplikasi dibuat dengan menerapkan client-server­ yang diterjemahkan client diperuntukan pengunjung taman wisata dan server diperuntukan petugas taman wisata, pimpinan dan admin sistem. Disisi lain server menggunakan framework laravel dengan bahasa program PHP sementara sisi client menggunakan flutter dengan bahasa pemrograman dart, penyimpanan data aplikasi menggunakan teknologi database MySQL, untuk pembayaran menggunakan payment gateway midtrans. Output berbentuk model aplikasi yang diharapkan dapat membantu memudahkan masyarakat melakukan pembelian tiket taman wisata.


Keywords


Model, Rancangan Aplikasi, Tiket Taman Wisata, Unified Modeling Language

Full Text:

PDF

References


N. H. Putra, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) dalam Perancangan Aplikasi Data Pasien Rawat Inap pada Puskesmas Lubuk Buaya,” J. Penelit. Tek. Inform. Vol 2 No 2, pp. 67–77, 2018.

W. H. Pramana, Aplikasi Inventory Berbasis Access. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo., 2012.

P. D. K. Siwi, T. Agung, and Sumiati, “Aplikasi E-Ticketing Pariwisata di Kabupaten Serang Berbasis Web,” Semin. Rekayasa Teknol. Inf., pp. 189–195, 2018.

Sukmawati and D. Susianto, “PERANCANGAN SISTEM PEMESANAN E-TIKET PADA WISATA DI LAMPUNG BERBASIS WEB MOBIL,” J. Onlie Mhs. Sist. Inf. dan Akunt. Vol 2 No 2, pp. 60–71, 2019.

Rosa A. Sukamto and M. Shalahudin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2014.

Sukamto and Shalahuddin, Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2013.

S. D. Purnia, A. Rifai, and S. Rahmatullah, “Penerapan Metode Waterfall dalam Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Bantuan Sosial Berbasis Android,” Semin. Nas. Sains dan Teknol., pp. 1–7, 2019.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2021.1788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Raul Irawan Hermanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.