Analisis Pengaruh Distributed Generation (DG) Terhadap Indeks Keandalan pada Penyulang Badai PT PLN UID Bandar Lampung

Achmad Fajar Nur Rosyid, Trisna Wati

Abstract


Keandalan sistem distribusi tenaga listrik merupakan hal yang utama dalam ketersediaan supply energi listrik yang baik. Karena itu, dibutuhkan suatu sistem distribusi tenaga listrik dengan mutu dan keandalan yang baik. Salah satu solusi untuk meningkatkan keandalan distribusi tenaga listrik yaitu dengan pemasangan gardu sisipan (distributed generation) yang ditempatkan dekat dengan area pembebanan. Pada penelitian ini, untuk menentukan lokasi dan kapasitas injeksi distributed generation menggunakan metode Genetic Algorithm dengan 4 skenario percobaan injeksi distributed generation melalui simulasi Reliability Index Assesment. Dari hasil sebelum injeksi distributed generation, didapatkan  interupsi rata-rata sistem SAIFI adalah 1,35 kali/tahun dengan durasi 23,44 jam dan durasi interupsi tahunan SAIDI 31,591 jam/tahun dan setelah diinjeksi distributed generation didapatkan interupsi rata-rata sistem SAIFI adalah 0,732 kali/tahun dengan durasi 49,84 jam dan durasi interupsi tahunan SAIDI 36,48 jam/tahun. Jika dilihat dari hasil simulasi tersebut terlihat adanya penurunan interupsi rata-rata sistem SAIFI sebesar 45%, SAIDI mengalami kenaikan sebesar 15,32% dan perbaikan tegangan sebesar 0,43%. Hasil yang paling optimal dengan penambahan 1 distributed generation pada Bus 6 yang berkapasitas 2,7039~3 MVA, hal ini dikarenakan SAIFI paling minimal sebesar 0,73 kali/tahun dan SAIDI 36,48 jam/tahunnya.


Keywords


Distributed Generation; Genetic Algorithm; Reliability Index Assessment; SAIDI; SAIFI

Full Text:

PDF

References


M. Windows, M. Corporation, K. Hori, and A. Sakajiri, “Keputusan Menteri Esdm Republik Indonesia Tentang Pengesahan Ruptl Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrk Tahun 2018 S.D 2027.”

U. N. S. Syahmi Nanzain Tri Wrahatnolo, “Evaluasi Keandalan Sistem Jaringan Distribusi 20 Kv Menggunakan Metode Reliability Network Equivalent Approach (RNEA) Di PT . PLN Rayon Mojokerto Syahmi Nanzain Tri Wrahatnolo,” pp. 111–119, 2019.

R. C. Bekti and B. Winardi, “Analisis Pengaruh Distributed Generation ( DG ) Terhadap Indeks Keandalan Pada Penyulang MRA05 Banjarnegara,” 2016.

S. Ahmad, “Impact of Distributed Generation on the Reliability of Local Distribution System,” no. January, 2017.

P. S. Strata, J. Matematika, F. Keguruan, and I. Pendidikan, “Analisis pengaruh pemasangan distributed generation pada jaringan distribusi pusdiklat migas cepu publikasi ilmiah,” 2016.

F. May, D. Sinaga, and B. Winardi, “Analisis Pengaruh Pemasangan Photovoltaic Distributed Generation (PV-DG) Terhadap Keandalan Pada Feeder MRA01 Di Gardu Induk MRICA,” 2016.

A. Aliran and D. Menggunakan, “Network Topology Pada Sistem Distribusi Radial Dengan Mempertimbangkan Adanya,” 2020.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2021.1768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Achmad Fajar Nur Rosyid, Trisna Wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.