Sistem Monitoring Dan Kontrol Otomatis untuk Budi Daya Ikan Koi Degngan Parameter Suhu Dan pH Berbasis Internet of Things (IoT)

Danang Haryo Sulaksono, Andy Muhamad Suryo

Abstract


Ikan koi adalah salah satu ikan yang mempunyai potensi bisnis yang cukup baik. Untuk perkembangan ikan koi, perlu adanya perhatian pada tingkat keasaman dan suhu. Seperti nilai pH 7 – 9 dan suhu yang kurang dari 31°C. Dalam penelitian ini akan dibangun sebuah sistem monitoring dan kontrol untuk perawatan ikan koi dengan menggunakan sensor pH, ultrasonik dan sensor suhu untuk mengetahui kadar air kolam yang nantinya akan ditampilkan dalam website dan android. Sedangkan untuk unit pengendali menggunakan wemos D1 dan arduino uni. Jika pH dalam kolam yang dibutuhkan tidak sesuai maka alat ini akan menyesuaikan keadaan pH agar mendapatkan nilai yang sesuai dengan ikan koi. Hasil dari 3 pengujian sensor pH dan pH meter  didapatkan bahwa selisi antara sensor pH dan pH meter yaitu 0,9. Hasil dari 3 pengujian sensor suhu air dan termometer  didapatkan bahwa selisi antara sensor Suhu Air dan Termometer meter yaitu 1,33. Sedangkan hasil dari 3 pengujian sensor ultrasonik dan meteran didapatkan bahwa tidak ada selisi antara sensor ultrasonik dan meteran.


Keywords


Wemos D1; ikan koi; Internet of Things; monitoring; kontrol; arduino uno

Full Text:

PDF

References


Darmanto, T., 2019. Im[lementasi Teknologi IOT untuk pengontrolan peralatan elektronik rumah tangga berbasis android.

Febrianto, N., 2018. Purwarupa Sistem Pemantauan Dan Pengendalian Ekosistem Kolam Ikan Koi (Cyprinus Carpio) Berbasis Internet Of Things (Iot).

Setiadi, D., 2018. Penerapan Internet Of Things (Iot) Pada Sistem Monitoring Irigasi (Smart Irigasi)

Siswanto, T. A., 2018. Aplikasi Monitoring Suhu Air Untuk Budidaya Ikan Koi Dengan Menggunakan Mikrokontroller Arduino Nano Sensor Suhu Ds18b20 Waterproof Dan Peltier Tec1-12706 Pada Dunia Koi.

Pravil Mistryanto Tambunan. 2018. Studi Pengaruh Ph Dan Kesadahan Terhadap Pertumbuhan Ikan Mas Koi (Crypinus Carpio) Dengan Media Pertumbuhan Air Sungai Tuntungan. Unimed.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2021.1750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Danang Haryo Sulaksono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.