Pembuatan Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Berbasis Web di MDTA Tauhidullah Surabaya Menggunakan Model Waterfall

Fadhilatur Rochman, Muchamad Kurniawan, Ananda Galang Moeslim Humania, Bagas Eka Prasetyo

Abstract


Penerimaan siswa baru merupakan salah satu proses pada institusi pendidikan seperti sekolah yang digunakan untuk menyeleksi calon siswa sebelum diterima di sekolah sesuai dengan kriteria sekolah yang bersangkutan. Penelitian ini dilakukan di MDTA Tauhidullah Surabaya yang masih menggunakan metode penerimaan siswa baru secara manual. Sistem PPDB online dapat memenuhi harapan masyarakat akan terselenggaranya sistem penerimaan mahasiswa baru yang objektif, transparan, cepat, dan akurat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini di antaranya ialah teknik pengumpulan data berupa pengamatan, wawancara, dan studi pustaka.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah PHP dan MariaDB berhasil digunakan untuk membangun sistem informasi pendaftaran siswa berbasis web di MDTA Tauhidullah Surabaya untuk meningkatkan efisiensi pengolahan data pendaftaran.

Keywords


Penerimaan Online; Penerimaan Siswa Baru; Sistem Informasi

Full Text:

PDF

References


N. A. Ramdhan and D. Wahyudi, “Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Berbasis WEB Di SMP Negri 1 Wanasari Brebes,” J. Ilm. Intech Inf. Technol. J. UMUS, vol. 1, no. 01, pp. 56–65, Jul. 2019, doi: 10.46772/intech.v1i01.38.

T. N. Rosalinda, “Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Online dan Offline Di Sekolah Menengah Kejuruan,” p. 9.

C. Tristianto, “PENGGUNAAN METODE WATERFALL UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM MONITORING DAN EVALUASI PEMBANGUNAN PEDESAAN,” p. 15.

D. S. Purnia, A. Rifai, and S. Rahmatullah, “Penerapan Metode Waterfall dalam Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Bantuan Sosial Berbasis Android,” p. 7.

Y. Firmansyah, “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habi Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat,” J. Teknol., vol. 4, p. 8, 2018.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2021.1748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fadhilatur Rochman, Muchamad Kurniawan, Ananda Galang Moeslim Humania, Bagas Eka Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.