PENGOPTIMALAN DAYA OUTPUT PV MENGGUNAKAN LENSA FRESNEL

Habib Ali Musthofa, Riny Sulistyowati

Abstract


Masalah terbesar yang perlu dibenahi oleh Indonesia saat ini adalah masih sangat ketergantungannya kepada energi fosil. Sementara di Indonesia sendiri mempunyai potensi yang cukup besar untuk mengembangkan EBT sebagai pengganti energi dari fosil. Diantara banyaknya energi baru terbarukan yang dapat dimanfaatkan di Indonesia, salah satunya yaitu energi panas matahari. Teknologi yang dapat digunakan untuk memanfaatkan energi matahari yaitu dengan Photovoltaic. Namun dalam pengaplikasiannya masih banyak daya keluaran dari Photovoltaic yang belum optimal. Sementara ada banyak cara yang bisa diaplikasikan pada Photovoltaic agar dapat menghasilkan nilai output yang lebih optimal. Salah satunya yaitu dengan menggunakan tracking dinamis dan lensa fresnel. Karakteristik dari lensa fresnel ini hampir sama dengan lensa cembung, yaitu sama-sama menghasilkan sinar sejajar jika terdapat sumber sinar satu titik. Dari pengujian yang telah dilakukan Photovoltaic dengan tambahan lensa fresnel dapat menghasilkan efisiensi output lebih baik yaitu 5,01% dibandingkan Photovoltaic dinamis yaitu 3,79%. Sehingga ada peningkatan efisiensi sebesar 1,53%. Serta peningkatan daya (regulasi) rata-rata sebesar 32,094 %. Sementara dari penelitian ini di dapat bahwa Photovoltaic bekerja secara optimal pada sudut 65 dan pada jam 13.00 WIB.


Keywords


Pengoptimalan Photovoltaic; Energi Baru Terbarukan; Lensa Fresnel

Full Text:

PDF

References


A. S. Anhar, I. D. Sara, and R. H. Siregar, “Desain Prototype Sel Surya Terkonsentrasi Menggunakan Lensa Fresnel,” Karya Ilm. Tek. Elektro, vol. 2, no. 3, pp. 1–7, 2017.

A. S. Syahab, H. C. Romadhon, M. L. Hakim, P. Instrumentasi, and T. Selatan, “Rancang Bangun Solar Tracker Otomatis Pada Pengisian Energi Panel Surya Bebasis Internet of,” vol. 6, no. 2, 2019.

W. Fajaryanto, A. Prayitno, J. T. Mesin, U. Riau, K. Bina, and W. Panam, “Pengujian Panel Surya Dinamik Dan Statik Dengan Melakukan,” Jomfteknik, vol. 4, no. 2, pp. 1–5, 2017.

H. A. Sujono, R. Sulistyowati, A. Safi’i, and C. W. Priananda, “Photovoltaic farm with maximum power point tracker using hill Climbing algorithm,” ARPN J. Eng. Appl. Sci., vol. 13, no. 13, pp. 4167–4172, 2018.

E. Yohana, “Uji Eksperimental Pengaruh Sudut Kemiringan Modul Surya 50 Watt Peak dengan Posisi Mengikuti Pergerakan Arah Matahri,” Mekanika, vol. 11, no. September, pp. 25–30, 2012.

T. Elektro, D. T. Elektro, I. Teknologi, and A. Tama, “Optimasi Output Photovoltaic Dengan Menggunakan Tracking Dinamis Berdasarkan Waktu Penyinaran Matahari,” pp. 516–522.

R. Syafrialdi and W. -, “Rancang Bangun Solar Tracker Berbasis Mikrokontroler Atmega8535 Dengan Sensor Ldr Dan Penampil Lcd,” J. Fis. Unand, vol. 4, no. 2, pp. 113–122, 2015.

M. A. Saputra, M. F. Azis, and E. Aditia, “Inovasi Peningkatan Efisiensi Panel Surya Berbasis Fresnel Solar Concentrator Dan Solar Tracker,” Pros. Elektron. PIMNAS DIKTI, no. Fakultas Teknologi Industri, 2014.

M. WIDODO, “Uji Eksperimental Pengaruh Sudut Kemiringan Modul Surya 50 Watt Peak dengan Posisi Mengikuti Pergerakan Arah Matahari,” Mekanika, vol. 2, no. 2502, pp. 1–8, 2017.

O. Performa and S. Cell, “Optimasi Performa Sollar Cell... (Subandi),” no. 2010, pp. 5–10, 2016.

A. Indriani et al., “SOLAR TRACKER DAN LENSA FRESNEL UNTUK OPTIMASI KINERJA P in ? J ? A,” pp. 1–5.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2021.1746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Habib Ali Musthofa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.