ANALISIS KINEMATIK LINKAGE KURSI RODA PASIEN MULTI FUNGSI

Moch Andy Sariadji, Ayu Sayekti Poesoko, Bambang Setyono, RAFI BUDI KAMESWARA

Abstract

Kursi roda salah satu perangkat medis yang digunakan untuk membantu pasien yang mempunyai permasalahan dalam berjalan, khususnya bagi pasien yang mengalami cidera, cacat kaki, gangguan saraf motorik, dan manula. Saat ini sudah ada banyak jenis kursi roda, ada yang manual dan otomatis. Dengan berkembangnya teknologi, banyak inovasi yang dapat diaplikasikan pada kursi roda. Untuk membuat kursi roda multifungsi dengan menggunakan motor listrik sebagai pengendali roda, Pada kursi roda dan actuator sebagai alat pengendali ketinggian terdapat Proses penelitian yaitu survey dan studi literatur, studi lapangan, persiapan gambar, perencanaan proses sistem manufaktur, proses manufaktur, perakitan, perhitungan, analisa hasil dan kesimpulan. Analisa ini diperlukan software Matlab untuk simulasi gerakan dan menunjukan hasil tinggi maksimum dan minimum serta menunjukan kebutuhan gaya aktuator. Penelitian dapat dimodelkan sebuah model mekanisme kinematik untuk pengaturan ketinggian kursi roda pasien multifungsi dengan basis mekanisme 4 batang Linkage. ketinggian awal maupun posisi tertinggi kursi roda yang dapat dicapai adalah 432.444 mm dan 699.474 mm, nilai ini mendekati persyartan desain yaitu 363 mm dan 670 mm. Kebutuhan gaya aktuator terbesar untuk mengangkat tempat tidur pasien adalah 1392,1N ini masih lebih kecil dari spesifikasi maximal load pada actuator yg debeli (2000N).

References

Kementerian Kesehatan, “Direktorat Bina Produksi dan distribusi Alat Kesehatan,” 2011.

Departemen Kesehatan, “Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesi Nomor 1189/Menkes/Per/VIII/2010 tetang Produksi Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan.,” 2010.

BSN, “SNI IEC 60601-2-52 Peralatan Elektromedik bagian 2-52: persyaratan khusus keselamatan dasar dan kinerja esensial tempat tidur pasien,” 2014.

ISO13485,“Medical devices Quality management systems,” 2016. [5] Susanto, “Injury Risk Assesment of cm Bed use Failure Mode and Effect Analysis for System and Design of the Bed" UII Proceding 2004.

Susanto dan Margono Sugeng “Perbaikan Koneksi Aktuator Pada Sistem Penggerak Mekanisme Hi-Low Hospital Bed Family Clasic di PT. Mega Andalan Kalasan Yogyakarta”, Karya Ilmiah Unggulan ISTN Jakarta Edisi 1, 2014. ISBN 978.979.8268.68.7

Paramount Indonesia, “Katalog Produk PT. Paramount Bed Indonesia,” 2017.

Aries abbas dan Susanto sudiro “optimasi desain kinematik linkage mekanisme pengatur ketinggian tempat tidur pasien’’ 2018.

Aries abbas dan Pungkas prayitno “pemodelan desain mekanisme pengatur ketinggian tempat tidur pasien menggunakan matlab” 2018.

Setyono Bambang, Ayu Setyaning Saye S.P, Ahmad Anas A., Kurniawan Bagus W., Analisis Pengujian Performa Kursi Roda Transfer Multi Fungsi Otomatis.2023. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.