Analisis Kebocoran Mechanical Seal Kompresor Screw MYCOM Di Refrigeration Line PT. Indolakto (Ice Cream Manufacturing)

Dani Rahadianto

Abstract

Pada proses manufakturnya terdapat beberapa permasalahan yang terjadi di refrigeration line PT. Indolakto (Ice Cream Manufacturing) salah satunya yaitu kebocoran mechanical seal pada kompresor. Kebocoran mechanical seal merupakan permasalahan yang sangat serius dikarenakan efek dari kebocoran mechanical seal ini sangat berpengaruh terhadap proses yang sedang berlangsung diantaranya, dimana ketika kompresor mengalami kebocoran mechanical seal, perlu dilakukan proses penggantian mechanical seal dengan yang baru, hal tersebut dapat menghambat supply refrigerant ke ruang produksi dan ruangan gudang (cold storage), dimana ini akan mengakibatkan lost time yang berdampak terganggunya proses produksi dan penyimpanan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mencari akar permasalahan yang menyebabkan terjadinya kebocoran mechanical seal pada kompresor dan merencanakan serta melakukan tindakan penanggulangan terhadap mechanical seal pada kompresor. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode fault tree analysis yang menghasilkan faktor-faktor penyebab terjadinya kebocoran mechanical seal. Hasil penelitian menunjukan faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kebocoran mechanical seal pada kompresor yaitu diantaranya kondisi filter oli kotor, operator mengatur mesin tidak sesuai standar, volume refrigeran kurang, kerak pada oil cooler dan pemasangan tidak presisi. Dengan dilakukannya tindakan penanggulangan dan pencegahan dapat mengatasi kebocoran mechanical seal yang terjadi dan mengurangi penyebab permasalahan serta dampak dari kebocoran mechanical seal.

References

R. ’Irama and A. P. ’Sumadijhono, “ANALISA UNJUK KEJA MODIFIKASI DISPENSER MENJADI AIR CONDITIONING (AC) PORTABEL YANG MENGGUNAKAN FREON R-134A BERDASARKAN PADA VARIASI PUTARAN KIPAS PADA EVAPORATOR TERHADAP SUHU PENDINGINAN ,” Jurnal Teknik Mesin 2018, pp. 2–3, 2018.

B. Maryanti, “Pengaruh Kondisi Operasional Terhadap Umur Pakai Mechanical Seal Pada Pompa Sentrifugal,” Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Balikpapan., vol. 10, pp. 1–6, 2014.

J. ’Crane, Mechanical Seal Performance And Related Calculation. John Crane Inc, 2013.

R. M. ’Darmawan, “MENGANALISA PANAS BERLEBIH (OVERHEAT) PADA CARGO OIL PUMP DI MT. ANDHIKA VIDAYATA,” SEKOLAH TINGGI ILMU PELAYARAN, Jakarta, 2023.

T. S. ’Foster, Managing Quality : Integrating The Supply Chain, Sixth Edition. Brigham Young University, 2004.

T. Ferdiana and D. I. Priadythama, “ANALISIS DEFECT MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA) BERDASARKAN DATA GROUND FINDING SHEET (GFS) PT. GMF AEROASIA.”

Refbacks

  • There are currently no refbacks.