Analisa Performansi dan Emisi Gas Buang pada Motor Honda Legenda 100 CC Berdasarkan Variasi Jumlah Katup Intake

Muhammad Chafidz Affandi, Naili Saidatin, Maulana Sanwijaya, Hasan Syafik Maulana

Abstract

Kendaraan bermotor, terutama sepeda motor, merupakan salah satu jenis alat transportasi yang sangat umum digunakan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi dampak perubahan katup intake terhadap kinerja dan emisi gas buang pada Honda Legenda 100cc. Pengujian dilakukan dengan menggunakan alat dynotest di Laboratorium Mobar ITATS. Saat melakukan pengujian terhadap Honda Legenda 100cc, dilakukan perbandingan antara penggunaan 2 katup dan 3 katup. Data diambil pada rentang Rpm 4000-8000 dengan menggunakan transmisi gigi 3. Hasil pengujian menunjukkan adanya perbedaan dalam daya dan torsi pada motor yang telah dimodifikasi menjadi 3 katup. Mesin yang menggunakan 3 katup mengalami peningkatan torsi dan daya pada setiap putaran mesin. Hal ini disebabkan oleh peningkatan jumlah campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar, sehingga dorongan piston dan poros engkol juga meningkat, menghasilkan daya yang lebih besar. Namun, konsekuensinya adalah konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi karena lubang masuk udara dan bahan bakar menjadi lebih besar, menyebabkan aliran bahan bakar yang lebih kuat untuk proses pembakaran di dalam ruang bakar mesin. Untuk hasil uji emisi gas buang, diperlukan penyetelan ulang pada karburator.

References

Ariawan, I.W.B., Kusuma, I.G.B.W., and Adnyana, I.W.B. 2016. The Effect of Pertalite Fuel Use on Power Performance, Torque and Fuel Consumption in Automatic Transmission Motorcycles. METTEK Journal, 2(1): 51-58.

Aziz, M.S.A., Mustaqim., and Siswiyanti. 2012. Analysis of the Use of Piston Kharisma on Supra Fit Motors on Improving Performance of Compression Cylinder/cc. Technique, 5(2)

Hariyadi, S., and Maftukhin. 2016. Analysis of the Effect of Oversize Piston on Motor Performance and Fuel Consumption. Journal of Scientific and Applied Engineering, 5(1): 57-80.

Hamada, K. I., and Rahman, M. M. 2014. Experimental Study of Performance and Emissions of Small SI Four Stroke Engines for Modern Motorcycles. International Journal of Automotive and Mechanical Engineering, 10: 1852-1865.

Gilang, B., Santoso, B., and Hadi, S. 2016. Testing a 100 CC Motorcycle Engine Using a 10 KW AC Generator Dynamometer. Mechanics, 15(1): 22-28.

Ariawan, I.W.B., Kusuma, I.G.B.W., and Adnyana, I.W.B. 2016. The Effect of Pertalite Fuel Use on Power Performance, Torque and Fuel Consumption in Automatic Transmission Motorcycles. METTEK Journal, 2(1): 51-58.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.