PENGARUH PERLAKUAN PANAS TERHADAP KUALITAS KEKERASAN DISCPAD HONDA ORIGINAL EQUIPMENT MANUFACTURE

Amarullah Nurdhani

Abstract

Penelitian ini melakukan komparasi kualitas perlakuan panas pada kampas rem cakram asli Honda dan aftermarket. Analisis dilakukan pada hasil  komposisi  kimia  dan  uji kekerasan. Dari hasil uji komposisi kimia menunjukkan bahwa kampas rem original menggunakan serat penguat karbon (C), tembaga (Cu), besi (Fe) dan alumunium (AI) sedangkan untuk aftermarket menggunakan serat penguat besi (Fe), karbon (C) dan alumunium (AI).

Untuk hasil uji kekerasan menunjukkan kampas rem asli Honda memiliki tingkat kekerasan rata-rata 111,6 HRB  sebelum perlakuan panas dan tingkat rata rata 105 HRB setelah perlakuan panas pada 400°C selama 15 menit dengan pendinginan cepat menggunakan air. Sementara itu, kampas rem aftermarket sebelum perlakuan mencapai tingkat kekerasan rata-rata 84,2 HRB dengan dan setelah perlakua mencapai 86,6 HRB dengan perlakuan serupa. Sifat mekanis kedua jenis kampas rem mengalami perubahan signifikan setelah perlakuan panas.

Kata kunci: kampas rem, original, aftermarket,komposisi kimia, rockwell

References

DAFTAR PUSTAKA

Intang, A. (2016). Studi Pengaruh Tekanan Pengereman Dan Kecepatan Putar Roda Terhadap Parameter Pengereman Pada Rem Cakram Dengan Berbasis Variasi Kanvas. FLYWHEEL: Jurnal Teknik Mesin Untirta, (1).

Upara, N., & Laksono, T. B. (2019). Analisis Komparasi Kualitas Produk Kampas Rem Cakram Antara Original dengan After Market. Jurnal Asiimetrik: Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Inovasi, 26-3

Alamsyah, M. F., & Sulardjaka, S. (2013). Pengaruh holding time pada proses age hardening terhadap kekerasan komposit al-cu yang diperkuat serbuk fly ash. JURNAL TEKNIK MESIN, 1(1), 6-12..

Y. Rizal, P. T. Mesin, and U. P. Pengaraian, “Pengaruh perlakuan panas terhadap sifat kekerasan (hardness) pada roda gigi tarik sepeda motor honda 1&2),”pp. 139–144, 1995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.