PENERAPAN PREVENTIVE MAINTENANCE PADA MESIN CNC FIBER LASER CUTTING DI CV. PHONNA RAYA MECHINERY

Claudio Hanjhian tidak ada, Zaid Sulaiman tidak ada, Dani Mardiyana tidak ada

Abstract

Mesin CNC fiber laser cutting adalah salah satu mesin laser cutting yang paling banyak digunakan di dunia manufaktur, terutama digunakan untuk pemotongan material plate mid steel dan stainless steel, akan  tetapi perlu dilakukannya perawatan pada mesin tersebut. agar performa mesin tetap terjaga, perlu di lakukannya pemeliharaan pencegahan pada mesin tersebut secara rutin. Saat proses pengoprasian mesin  sewaktu waktu bisa mengalami kerusakan, kerusakan tersebut dapat di minimalisir dengan preventie maintenance.

Preventive maintenance merupakan pemeliharaan terencana untuk mencegah terjadinya potensi kerusakan. Pemeliharaan pencegahan merupakan kegiatan pemeliharaan yang dilakukan untuk mencegah kerusakan yang tidak terduga serta menemukan penyebab rusaknya fasilitas produk. Maka dari itu penulis melakukan kegiatan preventive maintenance dengan mengacu pada refrensi buku panduan yang berasal dari website, yang terbagi menjadi tiga bagian kegiatan yaitu kegiatan harian, kegiatan mingguan, dan kegiatan pertiap tiga bulan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu fishbone diagram untuk mengetahui sebab akibat permasalahan yang terjadi. Setelah dilakukanya penerapan preventive maintenance pada mesin CNC fiber laser cutting di dapatkan hasil permasalahan pada komponen dapat terselesaikan dengan baik sesuai dengan data yang telah diperoleh.

Kata Kunci : Fishbone Diagram, Mesin CNC fiber laser cutting , Preventive Maintenance

References

M. Amala and S. Widyanto, “Pengembangan Perangkat Lunak Sistem Operasi Mesin Milling CNC Trainer,” J. Tek. Mesin, vol. 2, no. 3, pp. 204–210, 2014.

A. Salam, pemerograman dasar NC. makasar, 2014.

A. Salam, S. Rasyid, F. Ta’bi, R. Fahrisal, and M. Muhajirin, “Rancang Bangun Mesin Cnc Laser Cutting Untuk Pembelajaran Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin,” J. Tek. Mesin Sinergi, vol. 18, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.31963/sinergi.v18i1.2231.

I. pranowo derajadjad, sistem dan manajemen pemeliharaan. CV Budi Utama, 2019.

E. S. Gardner, “PENGUKURAN DAYA LASER CO2 DAN LASER DPSS SERTA PENGAMATAN BEAM PROFILER SINAR LASER DPSS DAN LASER He-Ne MENGGUNAKAN CCD,” no. 5, pp. 63–65, 1960.

Y. Ngadiyono, Pemeliharaan Mekanik Industri. 2010.

T. 1530L L. cutting machine users Manual, Laser cutting machine VS Plasma cutting machine - User Manual. [Online]. Available: https://www.stylecnc.com/user-manual/Laser-cutting-machine-VS-Plasma-cutting-machine.html

Refbacks

  • There are currently no refbacks.