Analisa Eksperimental Pengaruh Ignition Timing dan Injektor Timing Terhadap Performansi Serta Emisi Gas Buang pada Mesin Sepeda Motor

Naili Saidatin, Andika Bayu Adirama, Indrawan Pratama Putra Supriyanto, Hasan Syafik Maulana

Abstract

Kendaraan bermotor saat ini dilengkapi dengan engine map yang dapat diatur sesuai preferensi. Salah satu metode untuk mencapai pengaturan map terbaik memerlukan pendekatan khusus untuk menghindari kesalahan saat melakukan penyesuaian. Penelitian ini bertujuan untuk mensimulasikan kinerja mesin agar lebih efisien. Proses dimulai dengan pengumpulan data menggunakan scanner pada engine control unit (ECU). Selanjutnya, dilakukan optimasi pada parameter kecepatan mesin, bukaan throttle, ignition timing, dan waktu injeksi sebagai input, sedangkan outputnya melibatkan torsi, daya, konsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang. Optimalisasi dilakukan pada berbagai kondisi, khususnya pada posisi ignition timing daya menggunakan 26° dan injektor timing 36°. Perubahan tersebut terbukti dapat meningkatkan secara signifikan daya dan torsi mesin. Selain itu adanya pengaturan pada injector timing dan ignitation timing juga menghasilkan konsumsi bahan bakar malah menjadi lebih efisien dibandingkan dengan penggunaan ECU Standar karena pembakaran dalam ruang bakar menjadi lebih optimal. Hasil emisi gas buang berupa Gas CO dan HC juga dapat dianalisis pada penelitian ini.

References

V Tristanto et al, “Pengaruh Penggunaan Injektor Vixion dan ECU Racing Pada Sepeda Motor Yamaha Mio J Terhadap Daya Motor”. Jurnal Teknik Mesin, No.2. 2016.

M Setyo dan L. Utoro. “Re-mapping Engine Control Unit (ECU) Untuk Menaikkan Unjuk Kerja Mesin Sepeda Motor”. Jurnal Mesin Teknologi (SINTEK Jurnal) Volume 11 No. 2. 2017.

Rifki Mufti Rahman et al, “Perbedaan Unjuk Kerja Mesin Menggunakan Electronic Control Unit Tipe Racing dan Tipe Standar pada Sepeda Motor Automatic”, Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, Vol. 3 No. 2, Hal 138-143, 2018.

Adriyanto Da Costa Amaral, A. et al.Experimental Study of Spark Ignition Engine Performance under Different Electronic Control Units, Hole Injectors and Spark Plugs. Journal of Mechanical Engineering. Vol 3 (2023)

Afwan, M. A., & Rahardjo, W. D. “Pengaruh Penggunaan Ecu Standar Dan Ecu Juken Dengan Variasi Injektor Terhadap Torsi Dan Daya Sepeda Motor Yamaha V-Ixion”. Automotive Science and Education Journal, 9(1), 25-30. 2020.

R. Mahmud, R. et al., “Komparasi Penggunaan Bahan Bakar Premium Dengan Bahan Bakar Lpg Sistem Manifold Injeksi Terhadap Kadar Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Langkah”. Jurnal Integrasi. 7 (1): 45-49. 2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.