Mitigasi Risiko Operasional Pembangunan Kapal Baru di Galangan Kapal Surabaya Menggunakan Metode FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) dan BTA (Bowtie Analysis)

Yoga Penangsang, Minto Basuki

Abstract

Pada pembuatan kapal baru sering ditemui permasalahan pada estimasi waktu penyelesaian proyek dan biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek, sehingga diperlukan suatu metode agar dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penggunaan metode FMEA dan BTA pada penelitian ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan yang ada, dengan menggunakan metode FMEA didapatkan hasil perankingan RPN dari yang tertinggi berupa tingkat kegagalan produksi akibat material dalam luar negeri dengan nilai RPN 107,59 atau 8,62%. Dari hasil RPN tertinggi terdapat 2 kejadian risiko kegagalan yang termasuk dalam kategori high risk, yang dimana 2 kejadian risiko kegagalan  akan dimitigasi menggunakan metode BTA, hasil didapatkan dari mitigasi adalah tingkat kegagalan produksi akibat material dalam luar negeri dan tingkat kegagalan produksi akibat material dalam negeri. Dari 2 kejadian risiko kegagalan didapatkan perincian berupa threat dan preventif barriernya. Tingkat kegagalan produksi akibat material dalam luar negeri didapatkan threats seperti : Ketergantungan pada pasokan luar negeri, waktu pengiriman dan fluktuasi mata uang. Preventi barriernya : Diversifikasi pasokan, kontrak, pembayaran done payment, pelunasan, waktu pemesanan dan kontrak jangka Panjang. Hasil yang ke 2 pada tingkat kegagalan produksi akibat material dalam negeri didapatkan threats seperti : Flutktuasi harga bahan baku dalam negeri, waktu pengiriman dan keterbatasan pasokan. Preventif barriernya : Kontrak jangka Panjang, kontrak, pembayaran done payment, pelunasan, waktu pemesanan dan kontrak jangka Panjang.

Full Text:

PDF

References

ABROR, Khoirul; SUBEKTI, Arief; RACHMAT, Aulia Nadia. Analisis Risiko Pada Boiler Pabrik Pengolahan Tembakau Dengan Menggunakan Metode FMEA Dan Bow Tie Analysis. In: Conference On Safety Engineering and Its Application. 2018. P. 761-766.

ALFAREZI, Ivan Ahmad; SOETJIPTO, Jojok Widodo; ARIFIN, Syamsul. Analisis Risiko Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Bowtie Analysis. Jurnal Teknik Sipil, 2021, 10.2: 96-105.

DARMAWI, Herman. Manajemen Risiko. Bumi Aksara, 2022.

PUTRI, Henna Dellya Zenitta; MULYATNO, Imam Pujo; MANIK, Parlindungan. Studi Manajamen Risiko Dengan Metode FTA Dan FMEA Akibat Keterlambatan Proyek Pembangunan Kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 72. Jurnal Teknik Perkapalan, 2023, 11.2: 1-12.

SARI, Erni. Analisis Resiko Proyek Pada Pekerjaan Jembatan Sidamukti–Kadu Di Majalengka Dengan Metode Fmea Dan Decision Tree. J-ENSITEC, 2016, 2.02.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.