Analisis Penyelesaian Limbah Tambang Nikel di Konawe Utara yang Mencemari Laut Sekitarnya

Alvito Nugroho Saputro, Era Nitika Sari, Fairus Atika Redanto Putri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan analisis menyeluruh tentang pencemaran laut yang dihasilkan oleh limbah tambang nikel di Konawe Utara, sebuah wilayah yang kaya akan sumber daya tambang nikel di Indonesia. Studi ini mengidentifikasi karakteristik limbah tambang nikel, dampaknya terhadap lingkungan dan masyarakat lokal, serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengelola limbah tambang nikel secara berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa limbah tambang nikel memiliki dampak serius terhadap kualitas air dan tanah, ekosistem laut, serta aspek sosial dan ekonomi masyarakat lokal. Solusi yang diusulkan mencakup regulasi yang ketat, praktik pertambangan yang berkelanjutan, partisipasi aktif masyarakat, dan penggunaan teknologi bersih. Kesimpulannya, tindakan yang komprehensif dan berkelanjutan diperlukan untuk mengatasi pencemaran laut oleh limbah tambang nikel di Konawe Utara, dengan memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi. Langkah-langkah ini diharapkan dapat mendukung keberlanjutan ekosistem laut dan kesejahteraan masyarakat pesisir tidak hanya di Konawe Utara tetapi juga di wilayah-wilayah lain yang menghadapi tantangan serupa dalam industri pertambangan nikel.

References

Sarban and La Harudu, “PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PERTAMBANGAN NIKEL DI KELURAHAN BENDE KECAMATAN MOTUI KABUPATEN KONAWE UTARA,” vol. 01, pp. 120–141, Jul. 2016.

M. Yusuf, S. L. Fatmawati, F. Nurmalasari, A. Faisal, and M. Fitriadi, “Penegakan Hukum Illegal MiningTerhadap Kerusakan Lingkungan Hidup di Konawe Utara Law Enforcement of Illegal Mining Against Environmental Damage in Northern Konawe,” Journal Sultra Research of Law, vol. 5, no. 2, pp. 2023–66, 2022, [Online]. Available: https://www.mongabay.co.id/2019/06/24/lingkungan-rusak-picu-bencana-di-sulawesi-tenggara/,

A. FIAR MALAYADI, “KARAKTERISTIK DAN SISTEM PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN LABORATORIUM UNIVERSITAS HASANUDDIN ΚΟΤΑ MAKASSAR,” Universitas Hasanuddin, Makasar, 2017.

HARYO WIRAWAN/BBC, “Limbah nikel di sebuah kawasan tambang di Konawe Utara mencemari laut,” Kompas.Com.

Muh Ikra Rambu, Firman Nullah Yusuf, Alfian Nawir, and Muhammad Hardin Wakila, “ANALISIS KUALITAS AIR LINDIAN SISA PENGOLAHAN NIKEL (FERRONICKEL, NICKEL MATTE DAN NICKEL PIG IRON),” GEOSAPTA, vol. 7, pp. 15–20, Jan. 2021.

M. Marshus, H. Ibrahim, R. Karim, and J. Nide, “Pengendalian Dampak Limbah Pabrik (Slag) Pada Pengolahan Bijih Nikel Menjadi Nikel Pig Iron (Npi) di PT. Fajar Bakti Lintas Nusantara Kecamatan Pulau Gebe Kabupaten Halmahera Tengah Propinsi Maluku Utara,” 2019.

Redaksi, “Dampak Buruk Pertambangan bagi Lingkungan dan Manusia Download Apps Berita11.com sekarang. Artikel ini telah tayang di Berita11.com dengan link: https://berita11.com/lingkungan/2023/08/25/8380/dampak-buruk-pertambangan-bagi-lingkungan-dan-manusia/.”

I. Bakteri pada Air dari Lahan Bekas, M. Christita, Y. Kafiar, S. Tabba, and dan S. Hendra Mokodompit Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado, “IDENTIFIKASI BAKTERI PADA AIR DARI LAHAN BEKAS TAMBANG NIKEL DI HALMAHERA TIMUR IDENTIFICATION OF WATER BACTERIA FROM NICKEL POST MINING IN EAST HALMAHERA.”

M. S. Agussalim, A. Ariana, and R. Saleh, “Kerusakan Lingkungan Akibat Pertambangan Nikel di Kabupaten Kolaka Melalui Pendekatan Politik Lingkungan,” Palita: Journal of Social Religion Research, vol. 8, no. 1, pp. 37–48, Apr. 2023, doi: 10.24256/pal.v8i1.3610.

Deniyatno and Armid, “STATUS KAWASAN LAUT AKIBAT AKTIVITAS PERTAMBANGAN NIKEL DI KECAMATAN LASOLO KEPULAUAN, KABUPATEN KONAWE UTARA, SULAWESI TENGGARA,” Jurnal Geologi Terapan, vol. 4, 2022.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.