Analisis Manajemen Strategi PT Tenggara Perkebunan Teh Maleber Menggunakan Metode Analisis Swot, IFE Dan EFE Matriks, dan IE Matriks

Ibnu Hasby Khabab Arrasyid Ibnu, Bramantiyo Eko Putro Bramantiyo

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari PT Tenggara yang menjual teh kering mentah (belum dikemas) dan jumlah produksi teh celup yang masih terbatas. Selain itu, hal yang dihadapi Perusahaan adalah penjualan teh kering yang fluktuatif yang menyebabkan pendapatan perusahaan belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses bisnis perusahaan dan untuk merekomendasikan alternatif strategi yang dapat diterapkan perusahaan untuk meningkatkan proses bisnis perusahaan. Karena dengan potensi yang dimiliki, perusahaan dapat berkembang dan menjalankan proses bisnis dengan baik. Adanya penelitian ini dikarenakan perusahaan belum dapat memaksimalkan kekuatan yang dimiliki, sebagaimana perusahaan memiliki banyak potensi yang terus dapat dikembangkan. Serta belum dapat mengatasi kelemahan yang dimiliki, yang dapat menghambat kemajuan proses bisnis. Kekuatan dan kelemahan dapat dimaksimalkan dan diatasi dengan memanfaatkan peluang dan ancaman yang ada. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Matriks IFE dan EFE, Analisis SWOT, serta Matriks IE. Data yang didapat hasil dari observasi dan wawancara dengan pegawai perusahaan, serta data primer seperti struktur organisasi. Hasil penelitian menunjukan dari total hasil pembobotan menggunakan matriks IFE sebesar 2,72 dan matriks EFE sebesar 2,46. Dimana pada matriks IE berada pada kuadran V, yang menunjukan perusahaan harus menerapkan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Kata kunci: Teh Kering, Analisis SWOT, Matriks IFE dan EFE, IE Matriks

References

DAFTAR PUSTAKA

Afnina, & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan.

Astuti, R., Kartawinata, B. R., Nurhayati, E., Tuhuteru, J., Mulatsih, L. S., & Muliyani, A. (2022). Manajemen Keuangan Perusahaan. Widina Bhakti Persada Bandung.

Kemenperin: Menggairahkan Kembali Industri Teh Nasional. (2020). https://kemenperin.go.id/artikel/21499/Menggairahkan-Kembali-Industri-Teh-Nasional

Noprans, M., Yusuf, M., & Syahrizal, A. (2023). Peran Manajemen Strategi Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Produk Diperusahaan Ptp. Nusantara Vi Kebun Teh Kayu Aro Kabupaten Kerinci. 1.

Novianto, E. (2019). Manajemen Strategis. Deepublish.

Putri, M. A., Rahayu, A., & Dirgantari, P. D. (2023). Analisis strategi pemasaran menggunakan matriks SWOT, matriks IFE, matriks EFE, dan matriks IE (Studi kasus pada bisnis Banjjagim.id). Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 7(1), 224–234. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i1.20703

Rahmalia, N. (2022, Januari 21). Perencanaan Strategis: Arti, Manfaat, Elemen, dan Prosesnya. Glints Blog. https://glints.com/id/lowongan/perencanaan-strategis-adalah/

Sarfin, G. R., Budiman, R., & Prima, F. (2021). PERUMUSAN STRATEGI BERSAING PRODUK UMKM TALAS KUNTI MENGGUNAKAN METODE SWOT, CPM DAN QSPM.

Setiawati, F. (2020). Manajemen Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum dan Pendidikan, 30(1), 57–66. https://doi.org/10.52030/attadbir.v30i01.31

Taufiq, O. H., & Wardani, A. K. (2020). KARAKTER KEPEMIMPINAN IDEAL DALAM ORGANISASI. 6.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.