Usulan Perbaikan Area Kerja Produksi dengan Metode 5S (Studi Kasus: CV. Sejahtera Abadi Bersama)

Masrukhul Rohib Maulana Mubin, Widy Setyawan

Abstract

Budaya kerja 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke) adalah suatu budaya untuk memperbaiki kualitas lingkungan kerja. Budaya kerja 5S akan memberikan rasa aman dan nyaman terhadap karyawan dalam melakukan kegiatan sehari-hari tanpa mengabaikan faktor produktifitas. Budaya kerja 5S harus dirancang dengan memperhatikan terhadap semua komponen sistem kerja yang ada, yaitu manusia, bahan, mesin atau peralatan dan kondisi lingkungan. CV. Sejahtera Abadi Bersama perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur pembuatan Alat kesehatan (ALKES)  memiliki beberapa permasalahan yang ada di area kerja produksi seperti stasiun kerja yang tidak tertata dengan baik, tidak ada tempat penyimpanan perkakas, peralatan produksi tidak disimpan pada tempatnya, banyaknya limbah yang menumpuk, lingkungan kerja yang kotor dan tidak rapi serta kurang nyaman. Penelitian ini bertujuan merancang prinsip budaya kerja 5S dan mengusulkan perbaikan area kerja yang baik dan nyaman. Hasil penelitian terdapat rancangan 5S yaitu rancangan seiri peralatan kategori label merah, rancangan seiton mendesain rak penyimpanan dan standar pemberian nama, rancangan seiso membuat jadwal piket area produksi, rancangan seiketsu membuat form daftar periksa pada area produksi dan rancangan shitsuke membuat poster 5S. Untuk hasil  usulan perbaikan area kerja (Layout) di sajikan dalam bentuk tabel, gambar 3D  dengan menggunakan software solidworks dan usulan perbaikan area kerja dalam bentuk 2D dengan menggunakan software Visio gambar V.5.

Kata Kunci: Budaya kerja 5S; (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke)

References

Ade Asriani Aisyah and I. Sukarno, “EVALUASI EFEKTIFITAS PENERAPAN 5S DI PT TRIDI OASIS GROUP,” J. Ind. Eng. Oper. Manag., vol. 5, no. 1, Jun. 2022, doi: 10.31602/jieom.v5i1.6812.

I. Sukarno and A. A. Aisyah, “EVALUASI EFEKTIFITAS PENERAPAN 5S DI PT TRIDI OASIS GROUP,” J. Ind. Eng. Oper. Manag., vol. 5, no. 1, Jun. 2022, doi: 10.31602/jieom.v5i1.6812.

C. Suwondo, “PENERAPAN BUDAYA KERJA UNGGULAN 5S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU, DAN SHITSUKE) DI INDONESIA,” vol. 1, no. 1, pp. 1–19, 2012.

N. E. Maitimue and H. Y. P. Ralahalu, “PERANCANGAN PENERAPAN METODE 5S DI PABRIK SARINDA BAKERY,” ARIKA, vol. 12, no. 1, pp. 1–10, Mar. 2018, doi: 10.30598/arika.2018.12.1.1.

F. H. Ritonga, “USULAN PERBAIKAN AREA KERJA LANTAI PRODUKSI KERUPUK DENGAN METODE 5S PADA UD. MARINDAL SEJATI.” Nov. 01, 2023.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.