Kajian Penerapan Pemantauan Elemen V dan VI Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan di PT. Bukit Asam Tbk, Provinsi Sumatera Selatan

Esthi Kusdarini, Jackie Angkiie, Yudho Dwi Galih Cahyono

Abstract

PT. Bukit Asam Tbk merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang industri pertambangan batubara di Sumatra Selatan. Perusahaan juga sudah melakukan penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP) untuk mengendalikan resiko bahaya. Pada penerapannya, elemen V (evaluasi dan tindak lanjut) dan elemen VI (dokumentasi) belum memberikan dampak yang baik bagi perusahaan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kondisi penerapan, menganalisa kesesuaian, dan mengetahui hambatan penerapan SMKP elemen V dan VI pada PT. Bukit Asam Tbk. Metodologi yang dipergunakan adalah pengumpulan data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis berdasarkan elemen V dan VI dari keputusan direktur jenderal mineral dan batubara no. 185.K/37.04/DJB/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen V (evaluasi dan tindak lanjut) mencapai 11%. Beberapa dokumen keselamatan pertambangan belum dibuat dan isi dari dokumen belum terpenuhi, kekurangan personal, dan pelanggaran serta dampak buruk masih terjadi. Elemen VI (dokumentasi) mencapai 2%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan sudah berjalan dengan baik namun terdapat kekurangan personil dalam penanganan serta pengendalian Rekaman dan Dokumen Keselamatan Pertambangan. Untuk meningkatkan capaian kedua elemen maka perusahaan dapat melengkapi dokumen keselamatan pertambangan, memenuhi para personal yang berkompeten, dan penerapan yang baik di lingkungan pertambangan.

References

Henry Maradona, Tinjauan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Area Penambangan dan Pengolahan Tambang Terbuka PT. Atoz Nusantara Mining Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat. Yokyakarta: niversitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yokyakarta, 2013.

K3L Korporat PT. Bukit Asam Tbk, “Laporan hasil Internal Audit Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan PT. Bukit Asam Tbk,” Sumatera Selatan, Nov. 2022.

Bambang Getot Ariyono Direktur Jenderal Minerba, Kepdirjen Minerba No 185 K/37.04/DJB/2019 Pedoman Petunjuk Teknis Pelaksanaan Keselamatan Pertambangan dan Penilaian dan Pelaporan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara. Jakarta: Kementrian Energi dan Sumberdaya, 2019.

Herman, Analisis Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP) Pada PT. Generasi Agung Perkasa Watumbohoti Plangga Selatan Kabupaten Konawe Selatan Provinsi sulawesi Tenggara. Surabaya: Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, 2023.

Melli Shintia Dewi, Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan Batubara PT. Prolindo Cipta Nusantara Kecamatan Sunggai Loban Kabupaten Tanah Bumbu Kalimatan Selatan. Surabaya: Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, 2022.

Melli Shintia Dewi, Yudho Dwi Galih Cahyono, and Ratih Hardini Kusuma Putri, “Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan Batubara PT. Prolindo Cipta Nusantara Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan,” Journal on Education, vol. 1, no. 2, pp. 572–583, Feb. 2023.

Meiry Frid Dwi Yansi, “Evlauasi Kesematan Kerja di Unit Pengolahan Batugamping PT.Sugih Alamanugroho Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yokyakarta,” Yokyakarta, Aug. 2017.

“Kepdirjen-Minerba-185-2019_KP. Elemen V Evaluasi dan Tindak Lanjut dan Elemen VI Dokumentasi SMKP Minerba”.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.