Simulasi Aliran Fluida Melintasi Up-Side Body Mobil Mitshubisi Xpander dengan Variasi Posisi Penempatan Vortex Generator Jenis Sharkfin Menggunakan CFD

Syamsuri Syamsuri, Imam Muslim, Nathanael Nathanael, Zain Lillahulhaq

Abstract

Penelitian ini membahas tentang karakteristik sebuah aliran eksternal yang melintasi mobil. Mobil memiliki karakteristik aerodinamik yang spesifik. Dengan sebuah vortex generator ditambahkan pada sisi body atas mobil, dan berfungsi sebagai penyeimbang dan sebagai pemecah aliran udara yang melintasi mobil. Bertujuan mobil dijalan raya bisa melaju dengan kencang dan bebas dari hambatan udara. Sehingga penting untuk mengetahui gaya hambat (FD) sehingga dapat meningkatkan akselerasi dan mengurangi konsumsi bahan bakar. Penelitian dilakukan dengan metode simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD). Model simulasi menggunakan mobil mitshubishi Xpander. Variasi posisi penempatan vortex generator (a. Depan b. Tengah c. Kombinasi depan & belakang) . Variasi kecepatan (40 km/h, 60 km/h, 100 km/h) yang disimulasikan pada setiap variasi posisi vortex generator. Hasil simulasi menunjukkan performa terbaik sharkfin-vortex generator pada kecepatan 100 km/h (27,78 m/s) pada bagian depan atas mobil dengan harga Cd (0,501), Cl (-4,0667).

References

Borut Jereb, Samo Kumperščak and Tadej Bratina. The impact of traffic flow on fuel consumption increase in the urban environment. FME Transactions (2018) 46, 278-284.

Krishnani, P. N. (2009) CFD study of drag reduction of a generic sport

utility vehicle, Master’s Thesis, Mechanical Engineering Department,

California State University, Sacramento.

Hucho, W. H. and Sovran, G. (1993) Aerodynamics of road vehicles,

Annual Review of Fluid Mechanics, Vol. 25(1), pp.485-537

Mayer, W., and Wickern, G. (2011) The new audi A6/A7 familyaerodynamic development of different body types on one platform, SAE International Journal of Passenger Cars-Mechanical Systems, Vol. 4(1), pp.197-206

Chainani. A, and Perera. N, (2008) CFD Investigation of airflow on a model radio control race car, WCE 2008, 2-4July, London

Azis, A. H.-i. (2011). Undergranated thesis, mechanical enginering departement, faculty engineering university. Analisa pengaruh kemiringan kaca belakang mobil terhadap karakteristik Aerodinamis mobil sedan.

Checko, A. a. (2012). Rajpura. Study of varios passive drag reduction techniques on exsternal veicle aerodinamics peformance CFD based approach. Vol 06 issue, India.

H., H. G. (2000). urban Ecosys. Ultravioletradiation in urban ecosystems with consideration of effects on human health., 195-231.

Hu, X. H. (2011). vol. 22. Influence of different diffuser angel an sedan's Aerodynamics characteristhics, physics procedia., 239-245.

Munawar, R. p. (2015). Aplikasi hukum bernoulli . bernoulli http://rudyprasetia.blogspot.com/2015/12/aplikasi-hukum-bernoulli.html?m=1.

Shankar, G. G. (2018). Jurnal of appliyed Fluid Mechanics. experimental and Computation Analisis on Aerodynamics behavior of a car model with vortex generator at differen yaw angles, 285-295.

Son, K. d. (2004). Chalmers university of technology. Teori steady dan unsteady aerodinamic, suweden.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.