Penerapan Metode Forecasting Linear Trend Line Model Untuk Mengetahui Demand Real Market pada Perusahaan Tas Ransel NC Bagpack

Bayu Rizky Pratama, Erene Zsa Zsa Yusfara, Abimanyu Alifianto, Erwin Wahyu Dwi Sakti, Dava Admirald Naufalian, Ranita Sylfi Septiyaningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memberikan informasi mengenai potensi pasar rill yang dapat dieksplorasi oleh perusahaan manufaktur tas ransel NC Bagpack, salah satu UKM yang beroperasi di Kota Sidoarjo. Fokus utama perusahaan adalah memahami permintaan pelanggan dalam usaha memasuki pasar rill dengan tujuan mempertahankan eksistensinya dan mengoptimalkan investasi modal. Proses penelitian melibatkan pengumpulan data dari (BPS) Badan Pusat Statistik Kota Sidoarjo, dengan target populasi berusia 20 – 34 tahun, mencakup data jumlah masyarakat Kota Sidoarjo selama 8 tahun terakhir dan data penjualan tas ransel dari perusahaan lokal sebagai referensi suplai. Selanjutnya, dilakukan peramalan menggunakan metode linear trend line model dengan bantuan Software POM-QM untuk meningkatkan efisiensi waktu pengambilan keputusan. Hasil peramalan ini dijadikan pedoman bagi NC Bagpack dalam menentukan jumlah produksi tas ransel untuk 10 tahun ke depan, sehingga dapat memenuhi permintaan pasar rill di Kota Sidoarjo dan menghindari kerugian finansial akibat ketidaksesuaian penawaran dengan permintaan.

References

W. A. R. Nastiti, J. Wibowo, and S. Suhandia, “Analisis Kelayakan Bisnis Produksi Tas Backpack: Studi Tentang Potensi Pasar Berdasarkan 6 Aspek Kelayakan,” Bisnis dan Manaj., vol. 3, no. 2, pp. 253–268, 2023.

N. S. Aji, “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Tas Ransel Merek REI (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember),” Skripsi Fak. Ekon. dan Bisnis Univ. Jember, vol. 1, no. 1, pp. 1–74, 2018.

Z. A. Matondang, “Sistem Pendukung Keputusan Forecasting Harga Emas Lelang Pada Pegadaian Dengan Metode Single Moving Average,” J. Tek. Inform. Unika St. Thomas, vol. 03, no. 01, pp. 72–77, 2018.

I. Bagus, S. Pratama, L. Putu, T. Industri, I. Teknologi, and A. Tama, “Peramalan Kebutuhan Raw Material Kayu Mindi pada PT . Romi Violeta Untuk Memenuhi Permintaan Konsumen,” pp. 1–6, 2023.

Lara, “No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים,” הארץ, no. 8.5.2017, pp. 2003–2005, 2022, [Online]. Available: www.aging-us.com.

R. Aprianur, “Hubungan Keterlibatan Fashion Dengan Pembelian Impulsif Produk Fashion Pada Dewasa Awal,” Psikoborneo J. Ilm. Psikol., vol. 8, no. 2, p. 156, 2020, doi: 10.30872/psikoborneo.v8i2.4895.

D. P. R. Adawiyah, “Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang,” J. Komun., vol. 14, no. 2, pp. 135–148, 2020, doi: 10.21107/ilkom.v14i2.7504.

Yurike, “Forecasting Produksi dan Analisis Trend Harga Daging Ayam Broiler di Provinsi Bengkulu (Forecasting of Broiler Chicken Production and Price Trends in Bengkulu Province),” Bul. Peternak. Trop., vol. 4, no. 1, pp. 18–25, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.31186/bpt.4.1.

A. William, S. Rostianingsih, and Y. Yulia, “Analisa Forecasting Pada Penjualan Pakaian Di PT X,” J. Infra, no. 031, 2021, [Online]. Available: http://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/view/11042%0Ahttp://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/download/11042/9810.

D. P. L. Rorim Panday, “Analisis Forecasting Jumlah Wisatawan Mancanegara Di Provinsi Bali Dengan Metode Least Square,” no. January, pp. 1–11, 2020.

P. Al Zukri, S. Nurina Widyaningrum, and Q. Aini, “Forecasting Permintaan Pompa Air Dangkal Shimizu Menggunakan Metode Time Series,” Sistemasi, vol. 9, no. 2, p. 226, 2020, doi: 10.32520/stmsi.v9i2.694.

Y. Kornitasari, I. W. Safitri, I. Wanakusuma, and D. I. Safitri, “Peramalan Pertumbuhan Bank Syariah Indonesia Pasca Kebijakan Merger,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 8, no. 02, pp. 1470–1478, 2022, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i2.5321.

M. A. Maricar, “Analisa Perbandingan Nilai Akurasi Moving Average dan Exponential Smoothing untuk Sistem Peramalan Pendapatan pada Perusahaan XYZ,” J. Sist. Dan Inform., vol. 13, no. 2, pp. 36–45, 2019.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif,” pp. 218–219, 2012.

K. Susanto, Y. Kasih, and F. Meirisa, “Analisis Kelayakan Perencanaan Pendirian Usaha Makanan Vegetarian Menggunakan Food Truck Di Kota Palembang,” Publ. Ris. Mhs. Manaj., vol. 3, no. 1, pp. 60–66, 2021, doi: 10.35957/prmm.v3i1.1616.

Falentia Tia Indana and S. Beni, “Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Shanti Bhuana,” Business, Econ. Entrep., vol. 3, no. 2, pp. 86–92, 2021, doi: 10.46229/b.e.e..v3i2.316.

W. Winata, Erwin, Steven, and Hendri, “Analisa Kebijakan Pemerintah Terkait Ancaman Pengangguran Pasca Kenaikan Inflasi pada Kota Bandung,” J. Ekon. dan Manaj., vol. 2, no. 1, pp. 58–64, 2023, doi: 10.56127/jekma.v2i1.436.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.