Analisis Penggunaan Bulbous Bow pada Kapal Tanker 127 m terhadap Hambatan Kapal menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic

Fery Indrawan, Erifive Pranatal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengoptimasi bentuk lambung kapal tanker 127M dengan fokus pada mengurangi hambatan kapal melalui penerapan metode Computational Fluid Dynamics (CFD). Hambatan kapal menjadi isu krusial dalam efisiensi operasional kapal, dan pendekatan tradisional dalam perancangan kapal telah bergeser menuju pendekatan berbasis simulasi numerik, seperti CFD. Penelitian ini melibatkan tahap simulasi komputasional yang melibatkan pemodelan digital tiga dimensi dari lambung kapal menggunakan software NUMECA. Data input meliputi kondisi operasional, geometri lambung kapal, dan sifat-sifat fluida. Dalam rangka mencapai optimisasi bentuk, variasi variasi geometri lambung diuji dan dievaluasi secara numerik dalam hal hambatan yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan kapal tanker 127m. Selain itu penambahan Bulbousbow pada desain awal jika di analisa pada kecepatan 18 Knots mendapat hasil resistance 464.550 Kn, sehingga penambahan bulbousbow pada Kapal Tanker 127M ini efektif untuk mengurangi tahanan untuk kecepatan tinggi yaitu 18 Knot, jika di analisa pada kecepatan rendah 17 Knot kapal tanker 127m ini masih kurang efektif karena hasil resistance masih tinggi yaitu 398.842 kN. Kesimpulna dari penelitian ini adalah penambahan bulbousbow pada Kapal Tanker 127M ini efektif untuk mengurangi tahanan untuk kecepatan tinggi yaitu 18 Knot dengan hasil resistance 464.550 kN.

References

Alfred M. Kracht (1978) Design of Bulbous Bows. SNAME Transactions. (Vol. 86, pp. 197-217)

Amir F., Arswendo B., Iqbal M. (2018) Anaslisa Optimasi Lambung Demihull Katamaran Menggunakan Response Surface Methode Pada Motion Sickness Incidence. In Jurnal Teknik Perkapalan (Vol. 6, No 1).

Aprianti, E. D., Manik P., Iqbal M. (2020). Analisa Penerapan Modified Bow Tipe Axe Dan Modified Bow Tipe Ax Terhadap Hambatan Dan Seakeeping Pada Kapal Tanker 112 Meter. In Jurnal Teknik Perkapalan (Vol. 8, No 4).

Baharudin Y. N., Budiarto U., Iqbal M. (2015) Estimasi Hambatan Total Kapal Tanker KCLCC2M Dengan Menggunakan CFD.In Jurnal Teknik Perkapalan (Vol.3, No 4).

Pranatal, E. (2020). Pengaruh Sudut Deadrise terhadap Tahanan Planning Hull. Jurnal Sumberdaya Bumi Berkelanjutan (SEMITAN), 2(1), 649-655.

Laamena F., Taihutu A., (2021) Kajian Optimasi Ukuran Kapal Tradisonal dan Perhitungan Hambatannya. METIKS (Vol. 1, No 1)

Nanda T., Novita Y., Iskandar B., (2017) Bentuk Linggi Haluan Kapal Penangkap Ikan (Kurang Dari 30 Gt). Jurnal ALBACORE. (Vol.1 No.2)

Nababan A., Chrismianto D., Arswendo B., (2017) Optimasi Bentuk Haluan Kapal Ferry Untuk Mendapatkan Olah Gerak Yang Terbaik Di Daerah Kepulauan Mentawai. In Jurnal Teknik Perkapalan (Vol. 5, No 2).

Rachman R., Pranatal E., Imawan P. (2020) Analisis Perbandingan Metode Simulasi Software Maxsurf Dengan Metode Matematis Untuk Perhitungan Hambatan Dan Daya Mesin Utama Kapal Tanker 6500 Dwt. Seminar Teknologi Kebumian Dan Kelautan (SEMITAN II) (Vol. 2, No 1)

Saputro G.M. (2018) Analisa Desain Bulbous Stern Pada Kapal Ferry Triple Screw Terhadap Tahanan Dan Pola Aliran. Skripsi. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS). Surabaya

Sumardiono, Wibawa P., Arif L., Fajrin V., (2020) Optimasi Bentuk Lambung Kapal Cepat Penumpang Sebagai Upaya Peningkatan Konektivitas Daerah Tertinggal Di Indonesia Timur. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) . (Vol. 6, No 1).

Wilakusuma I. (2021) Optimasi Ukuran Utama Untuk Mengurangi Hambatan Kapal. Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Jakarta

Jadmiko E., Bambang T., Dresta Y. (2019) Perencanaan Bulbous Bow Tipe Baru dengan Konsep Moncong Ikan Layar (Sailfish) Terhadap Nilai Resistance Total pada Kapal Fast Seagoing Cargo Ship dengan Menggunakan Maxsurf dan CFD. Jurnal MIDSHIP. (Vol. 6, No 1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.