Analisa Teknis dan Ekonomis Pencegahan Korosi Pada Lambung KM. Dharma Kencana VII dengan Sistem ICCP (Impressed Current Cathodic Protection) dibandingkan dengan SACP (Sacrificial Anode Cathodic Protection)

Abdul Azis, Erifive Pranatal

Abstract

Perlindungan badan kapal terhadap korosi dengan menggunakan proteksi katodik (Perlindungan Katodik). Pada prinsipnya adalah sel elektrokimia untuk mengendalikan korosi dengan mengkonsentrasikan reaksi oksigen pada sel galvanik dan menekan korosi pada katoda dalam sel yang sama. Ada dua macam perlindungan katodic yang di gunakan yaitu ICCP (Impressed Current Cathodic Protection) dan SACP (Sacrificial Anode Cathodic Protection), Kedua sistem tersebut dibandingkan dalam jangka waktu 20 tahun dari segi teknik dan Ekonomis dengan menggunakan perhitungan perhitungan sesuai standar DnV, yang dibandingkan dari tahap desain, tahap instalasi, dan pemeliharaan. Hasil dari tahap desain memiliki tingkat perlindungan ICCP lebih luas yaitu 0.7008 kg mampu mengcover area seluas 10 m2 sedangkan untuk SACP dengan total berat aluminium 1,01077 kg mampu mengcover area seluas 10 m2. Sedangkan hasil pada tahap Instalasi dimana Sistem SACP cenderung lebih mudah dari sistem ICCP. Untuk tahap pemeliharaan dimana sistem ICCP lebih unggul dari pada sistem SACP. Dan Secara Ekonomis dibandingkan dalam jangka waktu 20 tahun, untuk Sistem ICCP Lebih murah dibandingkan Sistem SACP.
Kata Kunci: ICCP, Korosi, Proteksi katodik, SACP

References

Salim. (2012). Analisis Draft Survey Report di MV. Jupiter Ace, Khusus untuk angkutan penumpang. PIP Surabaya.

Tri Karyono, B. R. G. P. (2017). Analisis Teknik Pencegahan Korosi pada Lambung Kapal dengan Variasi Sistem Pencegahan ICCP Dibandingkan dengan SACP. JURNAL PENDIDIKAN PROFESIONAL, VOLUME 6, NO. 1.

Mihail-Vlad VASILESCU, S., Mariana PANAITESCU, P., & Fănel-Viorel PANAITESCU, P. (2019a). Marine Impressed Current Cathodic Protection System. Dalam Ecology (Nomor 4).

Alwi, Ir. S. S. M. Sc. , I. R. K. ST. M. S. (2012). Analisa Teknis Dan Ekonomis Perubahan Sacrificial Anode Menjadi Impressed Current Cathodic Protection Untuk Meminimalisir Korosi Pada Lambung Kapal. JURNAL TEKNIK POMITS Vol. 1, No. 1.

DNV-RP-B401.(2010). RECOMMENDED PRACTICE DNV-RP-B401-CATHODIC PROTECTION DESIGN. http://www.dnv.com

DET NORSKE VERITAS INDUSTRI NORGE AS. (1993). DNV-Recommmended Practice RP-B401-Cathodic Protection Desigen-1993.

Sudjasta, B., Suranto, P. J., Setiani, H., Studi, P., Perkapalan, T., Pembangunan, U., Veteran, N. ", Jakarta, ", & Selatan, J. (2018). ANALISIS KEBUTUHAN PEMASANGAN ZINK ANODE UNTUK MENCEGAH KOROSI PADA LAMBUNG KAPAL KAPAL GENERAL CARGO (Vol. 14).

Syahputra, B., Joko Sisworo, S., Trimulyono, A., Studi, P. S., & Perkapalan, T. (2015). Analisa Teknis & Ekonomis Perancangan Sistem Pencegahan Korosi Pada Lambung Kapal, Dengan Variasi Sistem Pencegahan Menggunakan ICCP (Impressed Current Cathodic Protection) Dibandingkan dengan SACP (Sacrificial Anode Cathodic Protection). Dalam Jurnal Teknik Perkapalan (Vol. 03, Nomor 02).

Afif Wiludin dan Heri Soepomo. (2013). Analisa Teknis dan Ekonomis Penggunaan ICCP (Impressed Current Cathodic Protection) Dibandingkan dengan Sacrificial Anode dalam Proses Pencegahan Korosi. JURNAL TEKNIK POMITS Vol. 2.

aria Esterlita. (2023). Dry Dock Coating Report KM. Dharma Kencana VII, IMO Number 9035125 Docking di PT. Samudra Marine Indonesia Shipyards for: PT.DHARMA LAUTAN UTAMA Documents: TechSpec_KMP Dharma Kencana VII-spec 2 tahun.pdf AF Cert.

Widyanto. (2000). Jurnal Korosi & Material. Fakultas Teknik UNTAG Surabaya.

P T. Dharma Lautan Utama, & Esterlita Maria. (2022). Technical Specification KMP Dharma Kencana VII-2 years.

Arsy Jayanti, G., Soim, S., & Wiro Karuniawan, B. (t.t.). Analisis Teknis dan Ekonomis Sistem Proteksi Katodik Anoda Tumbal dan Proteksi Katodik Arus Paksa Pada Undeground Gas Pipeline di Perusahaan Eksplorasi dan Pengolahan Gas Bumi.

NACE Standard RP0176-2003 Item No. 21018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.