Review Kandungan Metil Ester dalam Biodiesel Generasi ke-3 Mikroalga dan Penggunaan Katalis

Ayu Pupu winaryo, David Yuliana Sari, Misye Ade Maya, Muchamad Ragil, Moch. Agil Soeharja, Yudistira -

Abstract

Biodiesel generasi ke-3 dari mikroalga berpotensi sebagai sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan. Penelitian ini memfokuskan kandungan metil ester dalam biodiesel, hal ini sangat menentukan kualitas dan performa bahan bakar. Metil ester dihasilkan melalui reaksi trigliserida mikroalga dengan metanol, membentuk biodiesel yang memiliki karakteristik khusus. Karakteristik ini melibatkan penggunaan mikroalga sebagai bahan baku, menawarkan produktivitas tinggi, dan kemampuan tumbuh dalam berbagai kondisi lingkungan. Penelitian juga mengeksplorasi peran katalis dalam produksi biodiesel, meningkatkan efisiensi reaksi dan kualitas produk akhir. Dalam studi kepustakaan ini, empat jurnal utama menjadi dasar penelitian, menyajikan informasi mendalam tentang produksi biodiesel, karakteristik metil ester, keunggulan mikroalga, dan pengaruh katalis. Dengan pendekatan sintesis literatur, penelitian ini memberikan pemahaman komprehensif tentang potensi biodiesel mikroalga sebagai energi alternatif. Kesimpulan studi ini menunjukkan bahwa mikroalga generasi ke-3 dapat menjadi sumber biodiesel yang handal, dengan variasi kandungan metil ester melalui penggunaan berbagai katalis. Penelitian ini memberikan wawasan berharga untuk pengembangan bahan bakar terbarukan dan memperkaya pemahaman tentang peran katalis dalam produksi biodiesel. Implikasinya mendukung pengembangan teknologi biodiesel yang efisien, ramah lingkungan, dan berkelanjutan, menghadapi tantangan global terkait energi dan lingkungan.

Kata kunci: Mikroalga, Biodiesel Generasi ke-3, Metil Ester, Katalis.

References

A. D. Septianto, S. Aji, Y. W. Mirzayanti, J. T. Kimia, and F. T. Industri, “Produksi Biodiesel dari Mikroalga Nannochloropsis sp. Menggunakan Metode Transesterifikasi dengan Bantuan Katalis Heterogen CaO/Hydrotalcite.”

R. S. Edo, Y. Vinata, dan Yustia Wulandari, J. Teknik Kimia, and F. Teknologi Industri Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, “Pembuatan Biodiesel dari Mikroalga Nannochloropsis sp. Menggunakan Metode Transesterifikasi Insitu dengan Bantuan Katalis Asam Sulfat.”

S. Jevon Tnopo, S. Maria Dolfi Kolo, and J. Presson, “Article Journal of Chemical Science and Application Sintesis Metil Ester dari Minyak Biji Feun Kase (Thevetia Peruviana) dengan Variasi Konsentrasi Molar Katalis NaOH,” Journal of Chemical Science and Application, vol. 1, pp. 29–35, 2022, doi: 10.32938/jcsa.v1i1.

D. Jumarni, “Kultur Mikroalga Dari Rawa Gambut : Studi Pendahuluan Potensi Mikroalga Sebagai Bahan Baku Biodiesel,” Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, vol. 13, no. 1, pp. 47–56, 2018.

F. Baqi, R. S. I. Putri, and Y. W. Mirzayanti, “Proses Pembuatan Biodiesel Dari Mikroalga Nannochloropsis sp. Menggunakan Metode Transesterifikasi In-Situ dengan Katalis KOH,” Equilibrium Journal of Chemical Engineering, vol. 6, no. 2, p. 92, Nov. 2022, doi: 10.20961/equilibrium.v6i2.63257.

S. N. S. Ulfa and S. Samik, “Artikel Review: Pemanfaatan Katalis Zeolit Alam Teraktivasi Dalam Sintesis Biodiesel Dengan Metode Esterifikasi Dan Transesterifikasi,” UNESA Journal of Chemistry, vol. 11, no. 3, pp. 165–181, 2022.

Harland, “Optimasi Kualitas Produksi Biodiesel dari Mikroalga Nannochloropsis Oculata dan Tetraselmis Chuii Secara Sonikasi dengan Katalis Potasium Karbonat,” Universitas Muhammadiyah, Surakarta, 2019.

E. Marnelisa, Azhari, Z. Ginting, and Suryati, “Pembuatan Biodiesel dari Minyak Mikroalga Dunaliella Salina dengan Proses Transesterifikasi Menggunakan Katalis Basa,” Jurnal Teknologi Kimia Unimal, vol. 11, no. 2, pp. 218–229, 2022.

S. Soelarta, G. Prihandini, M. Martha, R. N. P. Salimi, and F. Yulistiani, “In Situ Katalitik Basa pada Proses Pembuatan Biodiesel dari Mikroalga Nannochloropsis sp,” Fluida, vol. 15, no. 2, pp. 121–127, Dec. 2022, doi: 10.35313/fluida.v15i2.4395.

N. Q. Eka, “Pembuatan Biodiesel dari Mikroalga Coelastrella sp. Menggunakan Katalis Montmorillonite K-10 Pada Proses Esterifikasi,” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2021.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.