Analisa Jadwal Pembangunan Kapal Tunda 2 x 1200 HP Dengan Critical Path Methode (CPM) Dan Critical Chain Project Management (CCPM) Pada Sisitem Hull Block Construction Methode Di PT.Kukar Mandiri Shipyard

Hilmi Faris Rosidy, Minto Basuki

Abstract

Metode perencanaan pembangunan kapal Hull Block Construction seperti Critical Path Methode (CPM) kurang efektif dan efisien, karena ada  penambahan pekerjaan pada safety time . Metode yang lebih optimal Critical Chain Project Management (CCPM) dengan cara menghilangkan safety time dan menggunakan buffer time disetiap akhir proyek. Perencanaan waktu efektif kerja juga mempengaruhi penjadwalan sebuah proyek. Penelitian ini menghasilkan waktu efektif kerja selama 6,5 jam/hari, terhitung dari hari kerja senin – minggu, metode CPM menghasilkan durasi selama  134 hari dengan lintasan kritis produktifitas mould loft 3,73 fr/mandays, fabrikasi blok afterpeak 794 kg /mandays, assembly blok afterpeak 210,68 kg/mandays, assembly blok forepeak 371,59 kg/mandays, assembly blok skeg 83,02 kg/mandays, erection blok afterpeak 0,25 ls, erection blok forepeak 0,52 ls, erection blok skeg 37,14 kg, visual welding 5,33 set, air pressure test 5,33 set, NDT penetrant 318 m2, sementara metode CCPM adalah 103 hari ,dengan perbedaan 31 hari atau 23,14% lebih cepat,dengan lintasan kritis produktifitas mould loft 1,86 fr/mandays, fabrikasi blok afterpeak 397 kg /mandays, assembly blok afterpeak 105,34 kg/mandays, assembly blok forepeak 185,79 kg/mandays, assembly blok skeg 42,66 kg/mandays, erection blok afterpeak 0,125 ls, erection blok forepeak 0,125 ls, erection blok skeg 37,14 kg, visual welding 2,66 set, air pressure test 0,88 set, NDT penetrant 159 m2

References

Cahyani, D. A. S. (2022). Analisis Keterlambatan Hull Construction Pada Pembangunan Proyek Kapal Harbour Tug Di Salah Satu Galangan Kapal Surabaya (Doctoral dissertation, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya).

Griyantia, C. R., Mulyatno, I. P., & Kiryanto, K. (2015). Studi Rancang Reschedule Pembangunan Kapal Baru Menggunakan Full Outfitting Block System ( Fobs ) Dengan Project Cpm Pada Kapal Lct 200 GT. Jurnal Teknik Perkapalan, 3(4).

Iqbal, M. F., Santosa, A. W. B., & Trimulyono, A. (2023). Reschedule Reparasi Kapal TB. Pancaran 811 Dan BG. Alika 101 Dengan Shop Level Planning and Scheduling Menggunakan Metode Critical Chain Project Management (CCPM). Jurnal Teknik Perkapalan, 11(2).

Mas Nabilah, W. K., Basuki, M., & Pranatal, E. (2018). Analisa Biaya Dan Waktu Project Crashing Pada Pembangunan Kapal Baru (Studi Kasus Pemmbangunan Kapal Cargo Ro-Pax 300 Di Pt. Adiluhung Sarana Segara Indonesia). In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan (pp. 101-108).

Nizar, C. (2011). Manajemen Proyek. Ilmusipil. com, 25

Rahmi, A. A., Mulyatno, I. P., & Budiarto, U. (2020). Optimalisasi Repair Schedule SPOB. Prosper Three 3537 DWT Dengan Critical Path Method Guna Antisipasi Keterlambatan Proyek. Jurnal Teknik Perkapalan, 8(2), 214-221

Siswanto, A. B., & Salim, M. A. (2019). Manajemen Proyek. CV. Pilar Nusantara.

Suyuti, A. M., & Basuki, M. (2022). Analisis Perbandingan Penjadwalan Proyek Dengan Critical Path Methode (CPM) dan Critical Chain Project Management (CCPM) Pada Reparasi Kapal BG. KFT 8005. In Prosiding SENASTITAN: Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan (Vol. 2, pp. 152-165).

Wahyudi, W., Yanti, G., & Lubis, F. (2017). Analisis Produktifitas Dan Mutu Hasil Tenaga Kerja Konstruksi Pada Pekerjaan Pengecatan Gedung Rumah Sakit Budhi Mulia Pekanbaru. Jurnal Teknik, 11(2), 81-89.

Wirawan, G. (2017). Penerapan Metode Critical Chain Project Management (CCPM) Dan Critical Path Method (CPM) Pada Penjadwalan Proyek Perbaikan Kapal BC 30002. Tugas Akhir Departemen Teknik Kelautan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.