ANALISA PERBANDINGAN PERFORMA HARBOUR TUG DENGAN MAIN ENGINE NIIGATA DAN YANMAR 3200 HP SEBAGAI PENGGERAK UTAMA

Indra Wahyudi, Minto Basuki

Abstract

Kapal tugboat dirancang memiliki daya tarik dan dorong yang besar sesuai dengan kebutuhan pengoperasian, sehingga umumnya kapal ini menggunakan dua buah mesin induk agar mampu menarik beban yang jauh lebih besar. Kapal Harbour Tug memiliki maneuver yang lincah serta daya mesin yang besar sehingga menjadi pilihan utama untuk digunakan sebagai kapal pandu untuk membantu proses mooring unmooring kapal-kapal besar di pelabuhan. Dalam hal ini terdapat 2 pabrikan Main Engine berbeda yaitu Niigata model 6L25HX dan Yanmar model 6EY22AW. Kedua Main Engine ini diaplikasikan kepada 2 kapal Harbour Tug dengan desain dan ukuran utama kapal yang sama, sehingga dalam hal ini perlu dilakukan penelitian perbandingan kecepatan dan konsumsi bahan bakar pada kedua kapal. Kapal dengan Main Engine Niigata memiliki kecepatan yang relatif lebih tinggi dibanding kapal dengan Main Engine Yanmar pada saat RPM 85% MCR kebawah, sedangkan kapal dengan Main Engine Yanmar memiliki kecepatan yang relatif lebih tinggi dibandingkan kapal dengan Main Engine Niigata pada saat RPM 85% MCR keatas. Selain itu dalam hal konsumsi bahan bakar Kapal dengan Main Engine Yanmar memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata sekitar 265.12 liter/jam sedangkan kapal dengan Main Engine Niigata memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata sekitar 261.75 liter/jam, keduanya memiliki selisih konsumsi bahan bakar 3.37 liter/jam atau sekitar 1.27%.

Kata Kunci: Harbour Tug, Main Engine, Niigata, Yanmar, Sea Trial, Konsumsi Bahan Bakar.

References

Irawan, R., (2019). Identifikasi Keretakan Cylinder Liner Main Engine di MV. Oriental Galaxy, Program Studi Teknika Diploma IV Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

Kurniawan, A., Iwan, Y., dan Waluyo, B., S., (2021). Pengujian Sistem Steering Gear Pada Saat Sea Trial Kapal Perintis Sabuk Nusantara 750 Dwt, Prodi Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan Sekolah Vokasi Undip.

Kurniawati, E., (2014). Analisa Teknis Pemilihan Daya Tug Boat Dalam Rangka Pengembangan PT. Pelabuhan Indonesia II, Jurusan Teknik Sistem erkapalan Fakultas Teknologi Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Maruli, U., S., Yudo, H., dan Budiarto, U., (2016). Analisa Pengaruh Variasi Sarat Tongkang Terhadap Ekonomis Pemasukan (Income) Pengangkutan Muatan dan Operasional Tug Boat: Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.